Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siap-siap, Pendaftaran Mudik Gratis Naik Kapal Dibuka Hari Ini

Kompas.com - 13/03/2024, 05:47 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) membuka pendaftaran mudik gratis 2024 melalui jalur laut mulai hari ini. Mengutip laman resminya, pendaftaran dibuka pada 13 Maret sampai 7 April 2024.

Pada mudik gratis 2024 Kemenhub yang diselenggarakan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut ini, Kemenhub menyediakan kuota untuk 9.800 penumpang dan 4.800 unit sepeda motor.

Para peserta yang mengikuti Mudik Gratis Sepeda Motor dengan Kapal Laut ini dijadwalkan berangkat pada 3-17 April 2024.

Baca juga: Mudik Gratis BUMN 2024, Ini Syarat dan Cara Daftarnya

Namun sampai saat ini belum ada pengumuman resmi dari Ditjen Perhubungan Laut mengenai detail pelaksanaan mudik gratis 2024 Kemenhub menggunakan kapal laut ini seperti ruas trayek yang dibuka untuk mudik gratis kali ini dan cara daftarnya.

Berkaca dari pelaksanaan mudik gratis Kemenhub sebelumnya, kemungkinan pendaftaran mudik gratis 2024 Kemenhub menggunakan kapal laut akan dilakukan melalui website https://mudikgratis.dephub.go.id/

Pada website tersebut, diketahui beberapa syarat mudik gratis 2024 Kemenhub dengan kapal laut, yaitu:

  • Satu peserta harus memiliki KTP, Kartu Keluarga, SIM C, dan STNK.
  • Tidak membawa barang dalam ukuran atau jumlah berlebihan, yang dapat mengganggu mobilitas dan stabilitas saat mengendarai motor.
  • Masing-masing peserta dan penumpang wajib membawa helm sebagai kelengkapan keselamatan wajib dalam berkendara.

Baca juga: Syarat dan Cara Daftar Mudik Gratis 2024 Jasa Raharja

Kemudian untuk verifikasi calon peserta mudik gratis 2024 Kemenhub untuk arus mudik, dimulai 15 Maret 2024 setiap hari pukul 09.00-16.00 WIB termasuk hari libur dan tanggal merah.

Adapun tempat verifikasinya di Terminal Penumpang Nusantara Pelabuhan Utama Tanjung Priok Jalan Panaitan Nomor 105, Tanjung Priok, Jakarta Utara atau Kantor Kementrian Perhubungan RI, Jalan Medan Merdeka Barat Nomor 8 Jakarta Pusat.

Sementara untuk verifikasi calon peserta mudik gratis 2024 Kemenhub untuk arus balik, khususnya peserta arus balik Semarang ke Jakarta yang berdomisili di Semarang dan sekitarnya akan dilakukan mulai 22 Maret 2024 termasuk hari libur dan tanggal merah.

Baca juga: Pendaftaran Mudik Gratis 2024 Kemenhub Dibuka Siang Ini, Cek Rute dan Jadwalnya

Adapun tempat verifikasinya di Kantor KSOP Kelas I Tanjung Emas, Jalan Yos Sudarso Nomor 30, Bandarharjo, Kecamatan Semarang Utara, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Itulah sejumlah hal yang perlu diketahui untuk mempersiapkan pendaftaran mudik gratis 2024 Kemenhub yang akan dimulai hari ini, Rabu (13/3/2024).

Baca juga: Cara Daftar Mudik Gratis Warga ber-KTP Jateng dan Syaratnya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com