BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Lazada

Semarakkan Ramadhan, Lazada Beri Penawaran Terbaik untuk Kaum Mumpung-mumpung sekaligus Berdayakan Seller

Kompas.com - 20/03/2024, 11:24 WIB
Yakob Arfin Tyas Sasongko,
Aditya Mulyawan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bulan suci Ramadhan selalu disambut sukacita oleh umat Islam di berbagai belahan dunia, termasuk di Tanah Air. Berbagai upaya dilakukan agar Ramadhan tahun ini terasa lebih semarak, mulai dari mempersiapkan kebutuhan saat berpuasa hingga kebutuhan menyambut hari raya Idul Fitri.

Setiap tahun, industri ritel turut mengantisipasi kenaikan transaksi belanja konsumen selama Ramadhan dan jelang hari raya. Namun di tahun ini, Lazada Indonesia mengungkapkan keunikan baru dari kebiasaan konsumen dalam memenuhi kebutuhan selama periode tersebut.

Terlebih, konsumen Indonesia dinilai kian cerdas dalam melakukan persiapan dan perencanaan belanja, khususnya dengan memanfaatkan berbagai penawaran menarik.

Sebagian besar dari konsumen kerap digolongkan ke dalam kategori “aji mumpung” atau “kaum mumpung-mumpung” yang didefinisikan sebagai kalangan yang selalu memaksimalkan berbagai kesempatan menarik.

Baca juga: Raih Keuntungan Berlipat Saat Ramadhan, Ini 6 Jurus Jitu Dongkrak Penjualan di Lazada

Perilaku tersebut tecermin dari hasil survei yang dilakukan Lazada terhadap 600 responden berusia 19 hingga 35 tahun. Riset ini menemukan bahwa sebanyak 95 persen dari responden aktif saat ini gencar mencari info diskon atau promo belanja selama Ramadhan. Utamanya, melalui belanja online.

Hal itu selaras dengan riset perilaku konsumen yang dilakukan Google. Riset ini menemukan, sebanyak 93 persen pembelian yang berlangsung selama Ramadhan telah direncanakan oleh konsumen.

Head of Operations Lazada Indonesia Amelia Tediarjo mengatakan, momen belanja Ramadhan menjadi salah satu momen dengan peningkatan transaksi yang signifikan.

Untuk itu, pihaknya memahami bahwa konsumen kini semakin terencana dalam berbelanja kebutuhan di bulan Ramadhan.

Baca juga: Inspirasi di Hari Perempuan Internasional 2024 dari Kisah Ibu Rumah Tangga yang Sukses Jual Alat Pancing di Lazada

“Berdasarkan hasil survei yang kami lakukan lebih dari 80 persen responden mengatakan perencanaan berbelanja kebutuhan Ramadhan dilakukan beberapa hingga satu sampai dua minggu sebelum memasuki puasa,” ujar Amelia dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Senin (18/3/2024).

Oleh karena itu, lanjut Amelia, Lazada Ramadhan Sale dihadirkan sejak jelang bulan Ramadhan dan akan berlangsung selama satu bulan penuh, yaitu dari tanggal 8 Maret hingga 8 April 2024.

“Dengan begitu, Lazada bisa membantu konsumen memenuhi kebutuhan mereka di setiap fase dalam menyambut hari raya Idul Fitri,” kata Amelia.

Tak hanya itu, konsumen juga dapat bermain “Lucky Egg” melalui aplikasi Lazada dan memenangkan satu paket umrah gratis setiap hari selama periode Lazada Ramadhan Sale. Khusus untuk periode Mega Sale, terdapat lima paket umrah premium yang dapat dimenangkan setiap hari.

Baca juga: Rayakan Comfy Day, Berikut 4 Rekomendasi Aktivitas Nyaman ala Lazada

Amelia mengatakan, momen belanja Ramadhan menjadi salah satu momen dengan peningkatan transaksi yang signifikan. Pasalnya, kebutuhan selama Ramadhan umumnya bersifat dinamis sehingga kerap bertambah dan berubah sesuai situasi yang ada.

Adapun kebutuhan rumah tangga merupakan kategori yang menjadi favorit masyarakat untuk berbelanja jelang persiapan Ramadhan dengan persentase sebanyak 74,5 persen, hingga di minggu berikutnya kebutuhan semakin luas merambah kategori fashion hingga perlengkapan mudik.

“Untuk itu, Lazada mengajak konsumen untuk dapat memilah info dan memanfaatkan berbagai promo dan diskon menarik yang dihadirkan Lazada agar tidak hanya sekedar menjadi kaum ‘mumpung-mumpung,” jelas perempuan yang juga berperan sebagai Senior Vice President Campaigns, Traffic, and Onsite Marketing Lazada Indonesia itu.

Deretan penawaran menarik

Untuk memulai antisipasi lonjakan pembelian di pada Maret 2024, Lazada menghadirkan berbagai penawaran menarik lewat Lazada Sale 3.3 yang dapat dimanfaatkan konsumen untuk pemenuhan kebutuhan pokok dan harian.

Baca juga: Sambut Spouse Day, Ini 5 Kegiatan Seru bersama Pasangan agar Lebih Romantis

Amela menuturkan, produk-produk ibu dan anak, seperti popok dalam jumlah besar dan susu siap saji, menjadi produk paling diminati. Selain itu, produk perawatan pribadi, seperti sampo dan sabun, juga menjadi deretan diminati konsumen.

“Setelah memenuhi kebutuhan pokok dan harian, kebutuhan konsumen menjelang persiapan puasa dan di minggu-minggu pertama Lazada bergeser dengan kebutuhan rumah tangga menjadi kategori favorit,” terangnya.

Promo tersebut dilanjutkan dengan Ramadhan Sale, dimana pelanggan setia Lazada bisa mendapatkan penawaran terbaik pada periode puncak Mega Sale Ramadhan yang dimulai pada 24–31 Maret 2024 pukul 20.00 WIB. Pada momentum ini, tersedia diskon hingga 75 persen serta bonus voucer hingga Rp 1,4 juta.

Selain itu, Lazada secara konsisten memberikan “Gratis Ongkir” tanpa minimum pembelian seluruh Indonesia.

Baca juga: Cara Mudah Beli Token Listrik PLN di Shopee, Tokopedia, dan Lazada

Pada Ramadhan Sale, konsumen juga bisa mendapatkan berbagai penawaran spesial khusus bulan Ramadhan melalui aplikasi Lazada sekaligus menjadi cara Lazada menemani momen Ramadhan para konsumen.

Pertama, voucer potongan harga senilai up to 50 persen di LazMall Daily yang dapat dikumpulkan melalui aplikasi Lazada setiap hari saat sahur, tepatnya pukul 03.00 WIB. Voucer ini dapat untuk digunakan dalam pembelian berbagai kebutuhan pokok populer untuk persiapan sahur dan berbuka.

Kedua, LazFlash yang menawarkan 1 unit mobil dan 6 unit motor seharga hanya 1 rupiah. Tidak hanya memberikan kesempatan untuk memenangkan paket umrah, penawaran ini juga memungkinkan konsumen untuk membeli motor dan mobil dengan harga Rp 1 per unit setiap hari selama periode promo puncak Ramadhan Mega Sale.

Tidak hanya menghadirkan beragam diskon dan voucer bonus, lanjut Amelia, Lazada juga mengadakan kegiatan Seller Conference pada Rabu (13/3/2024) yang dihadiri lebih dari 700 seller.

Baca juga: Gandeng Pemkot Cirebon, Lazada Perkuat UKM Fesyen Cirebon

Kegiatan tersebut ditujukan untuk memberikan pengetahuan, strategi, dan meningkatkan kolaborasi, guna memaksimalkan penjualan selama Ramadhan lewat berbagai workshop yang dihadiri trainer kenamaan, seperti Rika Yeo. 

Pada kesempatan itu, Rika Yeo berbagi insight mengenai tips dan trik berjualan yang dapat diaplikasikan oleh seller.

“Seluruh rangkaian tersebut merupakan bentuk komitmen Lazada. Tidak hanya kepada para konsumen, tetapi juga berupaya memberdayakan brand lokal Indonesia, serta memberikan kesempatan kepada pemilik brand untuk mengoptimalkan momentum Ramadhan guna meningkatkan keuntungan dan pertumbuhan bisnis mereka,” kata Amelia.

 

 


komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com