Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Milenial Indonesia Punya Ketahanan Finansial Tinggi, tapi Mayoritas Belum Merencanakan Masa Depan

Kompas.com - 31/03/2024, 21:30 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Generasi milenial di Indonesia memiliki tingkat ketahanan finansial yang tinggi. Namun sebagian besar dari mereka belum memiliki perencanaan keuangan untuk masa depan.

Hal ini berdasarkan hasil penelitian Sun Life yang dituangkan ke dalam Laporan Ketahanan Finansial Sun Life. Pada laporan ini Sun Life meneliti perilaku dan keyakinan akan kondisi keuangan individu di 8 negara Asia, termasuk Indonesia, beserta tantangan-tantangan yang dihadapi dalam membangun ketahanan finansial jangka panjang.

Presiden Direktur Sun Life Indonesia Elin Waty mengatakan, dalam survei terhadap 1.000 rumah tangga di Indonesia, generasi milenial terbukti menjadi generasi yang paling tangguh secara finansial.

Mereka mendapat skor tertinggi dalam Indeks literasi keuangan dan kepercayaan diri, dibandingkan dengan kelompok usia yang lebih tua dengan persentase 52 persen dibanding 46 persen.

Baca juga: Investor Ritel di Indonesia Didominasi Milenial dan Gen Z

Lebih dari itu, mereka juga optimistis dalam mewujudkan tujuan jangka panjang dengan persentase 70 persen dibanding 64 persen serta cenderung membuat keputusan keuangan berdasarkan riset dengan persentase 60 persen dibanding 47 persen.

Sebanyak 71 persen generasi milenial lebih mungkin untuk mematuhi anggaran bulanan mereka dibandingkan dengan generasi lainnya seperti Gen Z sebesar 70 persen, Gen X sebesar 68 persen, dan baby boomers sebesar 69 persen.

Namun demikian, sebagian besar responden milenial tidak memiliki rencana keuangan lebih dari satu tahun, yang mana hal ini dapat mengancam tujuan keuangan jangka panjang mereka.

"Menurut hasil riset kami, generasi milenial Indonesia menunjukkan ketahanan finansial yang luar biasa," ujarnya dalam keterangan tertulis, Minggu (31/3/2024).

Baca juga: Mengapa Gen Z dan Milenial Suka Healing? Pakar Beri Penjelasan

 


Menurutnya, dengan pemahaman teknologi yang lebih baik, milenial memiliki beragam sarana dalam merencanakan keuangan. Hal ini didukung oleh kecenderungan mereka dalam membuat keputusan berdasarkan riset.

Namun laporan ini menyoroti fenomena yang lebih mengkhawatirkan, di mana hanya sedikit dari generasi milenial Indonesia yang memiliki perencanaan keuangan jangka panjang untuk mencapai tujuan hidup mereka.

"Hal ini menegaskan pentingnya bagi milenial untuk memprioritaskan perencanaan keuangan, mengingat perubahan yang dinamis dalam dunia investasi saat ini," ucapnya.

Selain itu, penelitian ini juga menemukan individu di seluruh Asia memiliki tingkat kepercayaan dalam mencapai tujuan keuangan jangka panjang lebih tinggi daripada kesiapan yang dimiliki.

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com