Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dorong Efisiensi, Semen Baturaja Perkuat Transformasi Digital

Kompas.com - 03/04/2024, 16:50 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Semen Baturaja Tbk (SMBR), anak usaha PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) menjelaskan berbagai program inovasi dan transformasi digital.

"SMBR telah melakukan transformasi digital sejak 2019, diawali dari mengimplementasikan sistem Enterprise Resource Planning (ERP) terdepan berbasis System Application and Product In Data Processing (SAP) untuk mengintegrasikan proses bisnis perusahaan yang semakin kompleks,” ujar Vice President of Corporate Secretary SMBR, Hari Liandu dalam siaran pers, Rabu (3/4/2024).

Selain itu, Hari menambahkan, digitalisasi yang diterapkan diperusahaan mencakup sejumlah bidang, termasuk produksi, distribusi, sistem keuangan, sistem pengadaan, pelayanan kepada pelanggan serta sistem pengembangan dan pengelolaan HR/SDM.

Baca juga: Gelar RUPSLB, Semen Baturaja Tunjuk Komisaris dan Direksi Baru

"Proses bisnis menjadi lebih cepat, lalu sistem keuangan dan sistem pengadaan menjadi lebih efisien serta keandalan operasi pabrik semakin meningkat dengan teknologi berbasis AI," ungkap dia.

Selain itu, imbuh dia, perseroan pun memanfaatkan platform digital guna memperkuat brand perusahaan dan brand produk melalui media sosial, website perusahaan hingga portal berita agar para pelanggan mengenal perusahaan.

Atas berbagai inovasi dan transformasi digital yang telah dilakukan, SMBR memperoleh penghargaan sebagai The 2nd Best State Owned Enterprise (SOE) Subholding dalam ajang 13th Infobank-Isentia Digital Brand Recognition 2024.

Hari mengatakan penghargaan ini menjadi bukti transformasi digital yang dilakukan oleh SMBR berjalan dengan optimal sesuai dengan era digitalisasi dan revolusi industri 5.0.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com