Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar 11 Mata Uang Negara ASEAN, Nilai Tukar, dan Gambarnya

Kompas.com - 21/04/2024, 14:50 WIB
Muhammad Idris

Penulis

KOMPAS.com - Mata uang negara ASEAN berbeda-beda di setiap negara. Ini berbeda dengan Uni Eropa yang sudah menerapkan mata uang tunggal di seluruh negara yang jadi anggotanya.

ASEAN merupakan singkatan dari Association of Southeast Asian Nations atau dikenal juga sebagai Persatuan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara.

ASEAN bermula dari inisiatif Thailand saat menjadi penengah proses rekonsiliasi hubungan Indonesia, Filipina, Malaysia. Keempat negara ini kemudian berniat memperbaiki hubungan dan memperkuat kerja sama kawasan dengan mengajak Singapura.

Organisasi regional ini kemudian secara resmi berdiri pada 8 Agustus 1967 di Bangkok setelah wakil dari lima negara meliputi Indonesia, Malaysia, FIlipina, Singapura, dan Thailand, menandatangani Deklarasi Bangkok (Deklarasi ASEAN).

Dari 5 negara ini, beberapa negara di Asia Tenggara ikut bergabung sehingga kini total ada 11 negara dalam keanggotaan ASEAN.

Baca juga: Mengenal Mata Uang Kuwait dan Nilai Tukarnya ke Rupiah

Mata uang negara ASEAN

Nah dari kesebelas negara tersebut tentunya memiliki mata uang resmi masing-masing. Selama beberapa tahun ke belakang, sejatinya ada inisiatif dan gagasan untuk membentuk satu mata uang sebagaimana yang berlaku di Uni Eropa.

Namun gagasan mata uang tunggal ASEAN tampaknya sulit terealisasi karena perbedaan kepentingan masing-masing negara. Berikut ini 11 mata uang negara ASEAN:

1. Rupiah Indonesia

Rupiah adalah mata uang resmi Indonesia, yang dilambangkan dengan simbol Rp dan kode internasional IDR. 1 rupiah Indonesia dibagi menjadi 100 sen, meskipun koin sen tak lagi digunakan dalam praktek sehari-hari.

Saat ini denominasi uang kertas rupiah terdiri dari pecahan Rp 1 ribu, Rp 2 ribu, Rp 5 ribu, Rp 10 ribu, Rp 20 ribu, Rp 50, dan Rp 100 ribu. Sementara uang koin memiliki pecahan Rp 100, Rp 200, Rp 500, dan Rp 1 ribu.

Mata uang negara ASEAN rupiah.Muhammad Idris/Money.kompas.com Mata uang negara ASEAN rupiah.

2. Baht Thailand

Baht adalah mata uang resmi Thailand. Kode internasional untuk baht adalah THB, dan simbolnya adalah "?". Mata uang ini dibagi menjadi 100 satang.

Sebagaimana pada sen rupiah, satang yang juga setara sen ini sudah jarang digunakan dalam praktik transaksi sehari-hari. Dengan nilai tukar saat ini, ? 1 setara dengan Rp 440.

Mata uang negara ASEAN baht Thailand.Bank of Thailand Mata uang negara ASEAN baht Thailand.

3. Ringgit Malaysia

Mata uang negara ASEAN ketiga yang cukup dominan adalah ringgit Malaysia. Kode internasional untuk ringgit adalah MYR, dan simbolnya adalah RM.

Mata uang ini dibagi menjadi 100 sen dan nilai sen ini masih banyak digunakan di Negeri Jiran. RM 1 nilainya sama dengan Rp 3.360.

Mata uang negara ASEAN ringgit Malaysia.KOMPAS.com/HENDRA CIPTA Mata uang negara ASEAN ringgit Malaysia.

4. Dollar Singapura

Dolar Singapura adalah mata uang resmi Singapura dengan kode internasional SGD, dan simbolnya adalah $ atau juga sering menggunakan S$ agar membedakan dengan dolar yang dipakai negara lain.

Dolar Singapura dibagi menjadi 100 sen. Mata uang ini dikeluarkan oleh Otoritas Moneter Singapura, yang merupakan bank sentral dan lembaga moneter negara tersebut.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com