Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
MIGAS BERKELANJUTAN

Catatkan Kinerja Positif, Rukun Raharja Bukukan Laba Bersih 8 Juta Dollar AS pada Kuartal I-2024

Kompas.com - 24/04/2024, 14:12 WIB
Yogarta Awawa Prabaning Arka,
Aditya Mulyawan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Perusahaan minyak dan gas (migas) PT Rukun Raharja Tbk mencatatkan kinerja positif sepanjang kuartal I-2024.

Perusahaan dengan kode emiten saham RAJA itu mencatatkan pendapatan bersih 61,6 juta dollar AS pada kuartal I-2024. Jumlah ini meningkat 67 persen dari periode yang sama tahun lalu sebesar 37 juta dollar AS.

Selain itu, perseroan juga mencatatkan laba bersih 8 juta dollar AS pada kuartal I-2024. Jumlah ini meningkat sebesar 41 persen pada periode yang sama tahun lalu sebesar 5,7 juta dollar AS.

Direktur Utama Rukun Raharja Djauhar Maulidi mengatakan, peningkatan keuntungan perusahaan mayoritas berasal dari proyek yang telah diselesaikan pada 2023.

“Proyek ini meliputi bisnis upstream melalui investasi produksi migas di Blok Jabung yang berkontribusi 20 persen dari total pendapatan,” tuturnya dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Rabu (24/4/2024).

Ringkasan catatan kinerja finansial kuartal I-2023 dan kuartal I-2024 PT Rukun Raharja (dalam juta dollar AS) Dok. PT Rukun Raharja. Ringkasan catatan kinerja finansial kuartal I-2023 dan kuartal I-2024 PT Rukun Raharja (dalam juta dollar AS)

Selain itu, lanjut Djauhar, pihaknya juga membangun infrastruktur baru di Kabupaten Siak dan Grobogan. Langkah ini pun membuka sumber pendapatan baru dalam segmen bisnis perdagangan gas.

“Kontribusi segmen ini mencapai 15 persen dari total pendapatan,” jelasnya.

Tak hanya di segmen migas, peningkatan juga terjadi pada segmen bisnis lain yang memberikan dampak positif bagi keuangan perseroan secara keseluruhan

“Peningkatan performa keuangan pada kuartal I-2024 merupakan hasil implementasi strategi bisnis yang direncanakan dengan matang dan berorientasi pada keberlanjutan,” tegas Djauhar.

Pencapaian tersebut tidak hanya menegaskan komitmen Rukun Raharja terhadap praktik bisnis yang bertanggung jawab, tetapi juga menunjukkan dedikasi perseroan dalam memajukan agenda keberlanjutan.

Baca juga: Bukukan Laba 27 Juta Dollar AS pada 2023, Rukun Raharja Catat Pencapaian Tertinggi dalam Satu Dekade

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com