Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penjualan Gas Naik, Laba Rukun Raharja Melesat 195 Persen

Kompas.com - 01/08/2023, 13:45 WIB
Rully R. Ramli,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Emiten minyak dan gas (migas), PT Rukun Raharja Tbk (RAJA), mencatatkan kinerja keuangan yang positif pada paruh pertama 2023. Hal ini terefleksikan dari laba bersih perseroan yang tumbuh pesat hingga Juni 2023.

Melansir dokumen keuangan perusahaan, Rukun Raharja mencetak laba sebesar 9,9 juta dollar AS atau setara sekitar Rp 148,5 miliar (asumsi kurs Rp 15.000 per dollar AS). Nilai tersebut melesat 195 persen dari periode yang sama tahun lalu sebesar 3,3 juta dollar AS.

Direktur Utama Rukun Raharja Djauhar Maulidi mengatakan, lonjakan laba bersih itu selaras dengan pendapatan bersih perseroan yang meningkat sebesar 32 persen secara tahunan. Tercatat pada periode Januari-Juni 2023, perseroan membukukan pendapatan bersih sebesar 73,8 juta dollar AS.

Baca juga: Kehadiran Airbus A380, Pesawat Terbesar Dunia, Dongkrak Kunjungan Turis Asing ke Indonesia

"Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kenaikan ini, diantaranya adalah penambahan customer baru sehingga adanya kenaikan penjualan gas," kata dia dalam keterangannya, Selasa (1/8/2023).

"Kenaikan tolling fee baik dari pipa gas eksisting perseroan maupun pipa minyak mentah Rokan yang saat ini sudah full stream dan kontribusi dari investasi dibidang hulu migas yang cukup tinggi karena harga minyak mentah dunia yang cukup stabil pada semester pertama tahun 2023 ini," sambungnya.

Sementara itu, Direktur Keuangan Rukun Raharja Oka Lesmana menyebutkan, penyerapan belanja modal Perseroan mencapai 32 juta dollar AS atau sebesar 63 persen dari total yang sudah dianggarkan.

Baca juga: Mulai 2024, Kenaikan Pangkat PNS Bisa Diusulkan 6 Kali dalam Setahun

Anggaran tersebut digunakan untuk penyertaan/investasi perseroan pada salah satu blok minyak di Sumatera, pembangunan stasiun induk CNG di Jawa Tengah.

"Juga untuk pembangunan pipa untuk customer baru yang berada di propinsi Riau dan joint study untuk proyek pengelolaan minyak dan gas di Blok Jabung Tengah, Propinsi Jambi," ucap Oka.

Baca juga: QI Group Dinobatkan sebagai Employer of the Year di HR Awards 2023

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com