Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kehadiran Airbus A380, Pesawat Terbesar Dunia, Dongkrak Kunjungan Turis Asing ke Indonesia

Kompas.com - 01/08/2023, 13:30 WIB
Rully R. Ramli,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara atau wisman kembali meningkat pada Juni 2023. Salah satu penyebabnya ialah kehadiran pesawat penumpang terbesar dunia, Airbus A380, di Bandara Ngurah Rai, Bali.

Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS, Pudji Ismartini jumlah kunjungan wisman mencapai 1,06 juta kunjungan pada Juni lalu. Jumlah kunjungan tersebut meningkat 12,39 persen secara bulanan (month to month/mtm) dan melesat 119,64 persen secara tahunan (year on year/yoy).

Selain itu, jumlah kunjungan tersebut menjadi yang tertinggi sejak Februari 2020. Tercatat jumlah kunjungan wisman pada Januari 2020 atau sebelum Covid-19 merebak sebesar 1,29 juta kunjungan.

"Angka (kunjungan wisman Juni 2023) tertinggi sejak pandemi Covid-19 atau Februari 2020," kata Pudji, dalam konferensi pers, di Jakarta, Selasa (1/8/2023).

Baca juga: Sandiaga Incar 200 Ribu Wisman dari Piala Dunia U-17

Lebih lanjut Pudji menyebutkan, salah satu pendongkrak utama jumlah kunjungan wisman ialah kehadiran pesawat A380 milik maskapai Emirates di Bandara Ngurah Rai, Bali. Pesawat yang melayani rute Dubai-Bali itu memiliki kapasitas penumpang lebih besar dari pesawat penumpang lainnya, sehingga meningkatkan kunjungan wisman melalui pintu Bandara Ngurah Rai, Bali.

Kemudian, sejumlah maskapai juga mulai meningkatkan jumlah penerbangan rute internasional. Garuda Indonesia misalnya yang menambah jumlah penerbangan ke Thailand, Korea Selatan, dan Hong Kong.

"Kemudian Air Asia resmi meluncurkan rute Perth 4 kali sepekan," ujarnya.

Baca juga: Viral Video Terbang ke Bali, Semua Koper Penumpang Ditinggal di Bandung, AirAsia Jelaskan Penyebabnya

 


Selain itu juga terdapat momen hari raya Waisak yang turut mendongkrak jumlah kunjungan wisman. Pudji menyebutkan, momen liburan itu meningkatkan jumlah kunjungan turis, utamanya yang berasal dari Singapura.

"Peningkatan wisman yang cukup tinggi dari Singapura di semua pintu provinsi Kepulauan Riau, seperti Batam, Tanjung Pinang, Karimun, dan Tanjung Uban," ucap Pudji.

Sebagai informasi, kunjungan wisman ke Indonesia utamanya berasal dari Singapura, dengan jumlah 174.400 kunjungan (16,4 persen) pada Juni lalu. Mengekor, wisman yang berasal dari Malaysia dengan 168.800 kunjungan dan wisman yang berasal dari Australia dengan 132.500 kunjungan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com