Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Emiten Ritel MIDI Alokasikan Belanja Modal Rp 1,4 Triliun Tahun Ini, untuk Apa?

Kompas.com - 16/05/2024, 14:12 WIB
Kiki Safitri,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Emiten ritel PT Midi Utama Indonesia Tbk (MIDI) mengalokasikan belanja modal atau capital expenditure (capex) sebesar Rp 1,4 triliun pada tahun 2024.

“Total target capex tahun ini adalah Rp 1,4 triliun, di mana Rp 1,2 triliun untuk perseroan, dan 200 miliar untuk entitas anak,” kata Direktur Keuangan MIDI Suantopo Po, Kamis (16/5/2024).

Sampai dengan kuartal I 2024, belanja modal yang terserap sudah Rp 320,24 miliar. Nilai tersebut digunakan untuk ekspansi usaha, dan penambahan gerai baru.

Baca juga: Alfamidi Berencana Membagikan Dividen Rp 155,47 Miliar

Ilustrasi Alfamidi, gerai Alfamidi. SHUTTERSTOCK/ALDRIN RACHMAN PRADANA Ilustrasi Alfamidi, gerai Alfamidi.

“Target masih sama dengan yang disampaikan akhir tahun lalu, yakni penambahan 200 gerai baru Alfamidi, jadi penambahan gerai dalam tiga bulan ini adalah 30 gerai,” ungkap dia.

Adapun jumlah gerai Alfamidi per 31 Maret 2024 adalah 2.958 gerai, atau bertambah 52 gerai dibanding posisi Desember 2023.

Rinciannya, gerai Alfamidi sebanyak 2.208 atau bertambah 30 gerai dari posisi Desember 2023. Kemudian, Alfamidi Super bertambah 3 gerai menjadi 49 gerai.

Sementara itu, jumlah gerai Midi Fresh tercatat sebanyak 8 gerai, dan Lawson sebanyak 693 gerai atau meningkat 19 gerai dibandingkan posisi Desember 2023.

Baca juga: Hati-hati, Ada Modus Penipuan Investasi Mencatut Nama Alfamidi

Strategi bisnis

Suantopo menambahkan, dari sisi operasional perseroan akan mendorong kinerja dengan memperkuat bisnsi ritel, meningkatkan standar dan pelayanan konsumen, serta meningkatkan potensi belanja online.

“Dari sisi merchandising, kami akan menyediakan produk yang lengkap dan memberi harga yang kompetitif, meningkatkan strategi pemasaran yang komperhensif, serta meningkatkan kualitas SDM melalui pelatihan,” tegas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com