Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Emiten Tambang BUMI Bangun Sarana Air Bersih di Cileungsi

Kompas.com - 13/06/2024, 11:10 WIB
Aprillia Ika

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Emiten tambang PT Bumi Resources, Tbk (BUMI) membangun 152 sambungan sarana air bersih, 7 fasilitas umum, serta membentuk badan pengurus air bersih di Kampung Cileungsi, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat.

Hal ini menjadi bagian dari upaya menjawab kebutuhan vital masyarakat khususnya dalam hal penyediaan air bersih dan sanitasi.

Perusahaan juga melakukan penanaman pohon di sekitar sumber mata air guna memastikan keberlanjutan program dan perlindungan lingkungan.

Presiden Direktur BUMI, Adika Nuraga Bakrie membeberkan, program penyediaan air bersih berpusat di Kampung Wangun, Cileungsi, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor. Program ini mulai dikerjakan bersama warga sejak Oktober 2023.

Masyarakat dengan sukarela dan antusias melibatkan diri dalam proses pembangunannya, hingga akhirnya diresmikan pada Mei 2024 lalu. Melengkapi pembangunan sambungan air bersih ini, BUMI juga menyediakan fasilitas penunjang seperti bak penangkap, bak intake, bak reservoir, serta pemipaan sepanjang 5 km.

Baca juga: Berkat Program Olah Air Gambut Jadi Air Bersih di Riau, Ratusan KK Terima Manfaatnya

Menurut Adika, kini sebanyak lebih dari 1.000 warga kampung telah menerima manfaat program dan memiliki akses air bersih untuk kehidupan sehari-hari. Air diambil langsung dari mata air yang berada di gunung tanpa merusak alam sekitarnya. Penanaman pohon juga dilakukan di sekitar area mata air untuk melindungi sumber yang sangat berharga.

"Program ini menjadi bukti bahwa BUMI dan unit usaha memiliki komitmen untuk terus mendukung terlaksananya program Pemerintah dalam Sustainable Development Goals (SDG’s),” kata Adika dalam keterangannya, Kamis (13/6/2024).

Tak berhenti di sana, guna memastikan keberlanjutan program secara jangka panjang, BUMI membentuk Komite Pengurus Sarana Air Bersih dan melakukan edukasi bagi masyarakat penerima manfaat.

Baca juga: Warga Pesisir Cilincing Dapat Bantuan Air Bersih dari BKI

Beberapa jenis pelatihan yang digelar bagi warga di antaranya adalah pelatihan manajemen pengelola, sistem dan jaringan distribusi air bersih, peningkatan kualitas air bersih, manajemen operasional komite, dan keberlanjutan fasilitas air bersih.

Program penyediaan sarana air bersih merupakan bagian dari upaya BUMI berkontribusi pada isu environmental, social and governance (ESG), serta pemenuhan tujuan pembangunan berkelanjutan (SDG’s) terutama SDG’s Nomor 3 yakni Kesehatan, serta Noomor 6 yaitu Air Bersih dan Sanitasi Layak.

“Kami akan terus berpartisipasi dan meningkatkan kepedulian terhadap masyarakat sekitar tambang, mematuhi semua peraturan lingkungan, dan meningkatkan peran perusahaan dalam pengelolaan lingkungan. Kemudian konservasi dan efisiensi dalam penggunaan sumber daya alam (air dan energi), pelestarian keanekaragaman hayati, dan melaksanakan program pengembangan masyarakat (Community Development),” jelas Adika.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com