Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Per Maret 2024, BCA Telah Gelontorkan Rp 117,7 Triliun untuk UMKM

Kompas.com - 24/05/2024, 17:12 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Central Asia Tbk (BCA) mencatat penyaluran kredit ke sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) mencapai Rp 117,7 triliun sampai Maret 2024. Angka ini tumbuh 12,1 persen secara tahunan dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

EVP Corporate Communication and Social Responsibility BCA Hera F. Haryn mengatakan, penyaluran kredit ke sektor UMKM merupakan komitmen untuk mendukung perekonomian nasional.

"Penyaluran KUR BCA kepada UMKM merupakan salah satu upaya kami untuk terus mendorong UMKM agar terus bersaing di pasar nasional bahkan hingga internasional," kata dia dalam keterangan resmi, dikutip Jumat (24/5/2024).

Baca juga: Kredit Perbankan Tumbuh ke Level Tertinggi dalam 5 Tahun

Hera meyakini dengan memperluas akses modal kepada pelaku usaha UMKM dapat mendorong perkembangan sekaligus mendukung geliat UMKM yang merupakan salah satu pilar utama perekonomian nasional.

Keberpihakan BCA terhadap UMKM ini juga tercermin dari komitmen penyaluran kredit usaha rakyat (KUR) yang bernilai hingga lebih dari Rp 100 juta untuk pengusaha kedai kopi di Kuta, Bali.

BCA menawarkan KUR hingga Rp 500 juta dengan suku bunga yang kompetitif, mulai dari 6 persen efektif per tahun. Program ini juga menawarkan keuntungan lainnya seperti bebas biaya administrasi dan provisi, sehingga para pelaku UMKM mendapatkan pembiayaan dengan lebih terjangkau.

Sebagai informasi, per Maret 2024, portofolio pembiayaan keuangan berkelanjutan BCA mencapai Rp 197,4 triliun, atau tumbuh 9,1 persen secara tahunan.

Hasil itu berkontribusi 23,5 persen terhadap total kredit disalurkan oleh BCA. Dari nominal tersebut, pembiayaan UMKM mencapai Rp 117,7 triliun.

Sementara itu, hingga April 2024, BCA telah menyalurkan KUR sebesar Rp 294,9 miliar atau 36,9 persen dari total target tahun ini.

Realisasi KUR BCA tercatat bertumbuh sebesar 75,4 persen secara tahunan dengan sebagian besar KUR BCA disalurkan untuk sektor perdagangan.

BCA menargetkan dapat menyalurkan KUR hingga Rp 800 miliar pada tahun ini, meningkat sekitar 11 persen dari tahun sebelumnya.

Baca juga: Tumbuh 12,4 Persen, Kredit Perbankan Tembus Rp 7.245 Triliun pada Kuartal I 2024

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com