Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Melihat Prospek Kinerja dan Bisnis Aplikasi Kesehatan di Indonesia

Kompas.com - 05/06/2024, 17:12 WIB
Kiki Safitri,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu pemain di industri kesehatan atau healthcare berbasis digital, Aplikasi Fita menilai industri health and fitness saat ini dipenuhi dengan tantangan, mulai dari tren yang terus berubah hingga kompetisi yang ketat. Meski demikian, prospek bisnis di sektor aplikasi healthcare dinilai akan terus tumbuh, seiring kebutuhan masyarakat diiringi dengan kemajuan teknologi digital.

CEO Fita Reynazran Royono mengatakan, sebagai platform kesehatan, Fita telah memberikan manfaat kepada lebih dari 3 juta pelanggan yang mengunduh aplikasinya. 

“Kami menyadari bahwa industri health and fitness penuh dengan tantangan, mulai dari tren yang terus berubah hingga kompetisi yang ketat. Namun, berbekal fokus kami pada product-market fit dan dukungan dari aset serta kapabilitas Telkomsel, kami mampu menciptakan model bisnis berkelanjutan, yang tidak hanya mengarah pada profitabilitas, tetapi juga menjadi landasan solid bagi inovasi kami ke depan,” kata Reynazran di Jakarta, Rabu (5/6/2024).

Baca juga: Lewat IPO, Techno9 Indonesia Fokus Kembangkan Aplikasi Kesehatan dan Pendidikan

Dia mengatakan, sebagai salah satu bagian dari INDICO, pihaknya bertekad mengeksplorasi ekosistem health and fitness lebih dalam lewat kolaborasi yang lebih erat bersama Telkomsel dan berbagai mitra strategis untuk meningkatkan penetrasi layanan kami ke masyarakat lewat produk dan layanan kesehatan yang berdampak.?

Reynazran mengungkapkan, selama periode Januari hingga April 2024, Fita memperlihatkan dampak positifnya dengan membantu pengguna dalam mencapai tujuan kesehatan mereka, baik dalam menambah maupun menurunkan berat badan.

Hasilnya, pengguna yang mengikuti program peningkatan berat badan berhasil menambah rata-rata 3,8 kilogram, sedangkan peserta program penurunan berat badan berhasil menurunkan rata-rata 2,8 kilogram. 

Baca juga: Platform Kesehatan Fita, Ajak Masyarakat untuk Hidup Sehat, Ditambah Reward

Target aplikasi kesehatan Fita

Ke depannya, Fita bertekad untuk mempertahankan kinerja positifnya dengan melanjutkan kerja sama yang kuat dengan Telkomsel. Salah satu inisiatif utamanya adalah program bundling dengan Halo+ dan ComboFit, yang menggabungkan layanan telekomunikasi dengan layanan health and fitness.

Sebagai langkah lanjutan, Fita sedang menyiapkan layanan ComboFit Superpass, yang ke depannya bisa memberikan akses ke ratusan mitra gym dari sekitar 3.000 mitra gym yang sudah diidentifikasi di seluruh Indonesia.

Bahkan, Fita bersama Telkomsel telah menandatangani nota kesepahaman dengan BPJS Ketenagakerjaan untuk menjalin kerja sama terkait ComboFit Jamsostek. Kerja sama ini bertujuan meningkatkan kesadaran proteksi, terutama bagi BPU (Bukan Penerima Upah) dan pekerja sektor non-formal. Program ini memudahkan mereka mendapatkan perlindungan kerja, termasuk asuransi kecelakaan dan jiwa.

Selain itu, Fita juga berupaya menyediakan solusi kesehatan holistik yang mencakup berbagai aspek kebugaran fisik, kesehatan mental, dan perlindungan finansial.

Dengan komitmen ini, Fita bertekad untuk terus mendukung pemerintah dalam memacu masyarakat untuk menjalani gaya hidup yang lebih sehat melalui pendekatan kesehatan preventif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com