Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Rekan Kerja Dapat Gaji Lebih Tinggi, Ini yang Sebaiknya Anda Lakukan

Lalu bagaimana bila mengetahui rekan kerja yang memiliki posisi dan kualifikasi yang sama dengan Anda ternyata mendapat gaji yang lebih besar? 

Hal itu tentu bisa membuat Anda kesal bahkan cemburu. Lalu apa yang harus Anda lakukan?


Dikutip dari CNBC, Selasa(13/8/2019), berikut adalah lima kesalahan yang harus Anda hindari ketika membicarakan kenaikan gaji dengan bos Anda.


1. Jangan bertindak saat kesal

Kekesalan adalah sesuatu yang wajar dan dapat dipahami, namun bertindak saat kesal malah akan memperburuk keadaan. Karena Anda akan terlihat tidak profesional.

Selain itu bertidak saat kesal akan membuat anda lupa untuk memikirkan detail apa saja yang seharusnya dibicarakan pada bos Anda.

Sebaiknya Anda meluangkan waktu sejenak untuk memproses informasi yang baru anda terima dan menenangkan emosi Anda. Tanyakan pada diri sendiri: Apakah saya berhak mendapatkan kenaikan gaji?

Jika jawabannya ya, beri tahu atasan anda bahwa Anda ingin menyisihkan waktu untuk membahas soal gaji Anda. Penting untuk menjelaskan topik pertemuan agar mereka siap untuk menjawabnya.

2. Jangan menyebutkan nama atau angka secara spesifik

Ingat, percakapan ini tentang Anda, dan bukan tentang rekan kerja Anda. Detail tentang bagaimana Anda mengetahui kalau rekan kerja menghasilkan lebih banyak atau gaji mereka yang sebenarnya tidak penting untuk disampaikan.

Tujuan Anda adalah untuk menjaga percakapan tetap fokus pada kinerja dan nilai yang Anda tambahkan ke perusahaan.

Sebaiknya Anda memulai percakapan dengan nada positif dengan menjelaskan seberapa keras Anda bekerja, seberapa banyak Anda menikmati pengalaman, dan bahwa Anda ingin tahu apa yang dapat dilakukan untuk mendapatkan kenaikan yang signifikan.

3. Jangan datang tanpa data pasar industri Anda

Banyak karyawan gagal menegoisiasi kenaikan gaji mereka, mereka sering berpikir bahwa menjelaskan bagaimana mereka melakukan pekerjaan tambahan sudah cukup untuk memenuhi syarat untuk mendapat kenaikan gaji.

Anda harus bisa menunjukkan bahwa Anda memiliki pemahaman yang kuat tentang rentang gaji untuk posisi yang setara. Carilah data mengenai gaji rata-rata yang diterima oleh orang-orang yang memiliki posisi seperti Anda.

4. Jangan terima kata 'tidak' untuk jawaban

Bos Anda mungkin mengatakan bahwa kenaikan gaji tidak akan terjadi dalam waktu dekat. Apa pun alasannya, jangan pasrah dan menyerah begitu saja.

Percakapan tidak berakhir pada “tidak.” Sebaiknya Anda bersikap dengan gigih untuk menanyakan apa yang sebenarnya perlu dilakukan agar mendapat kenaikan gaji.

Tidak ada ruginya untuk bertanya apakah ada manfaat atau tunjangan lain sebagai pengganti kenaikan gaji.

Anda mungkin dapat menegosiasikan lebih banyak waktu liburan, opsi untuk bekerja dari jarak jauh atau promosi jabatan.

5. Jangan menetap di perusahaan karena Anda takut

Ini tergantung pada industri pekerjaan Anda, mungkin ada banyak peluang di luar sana. Jika mendapati bahwa perusahaan tidak berencana untuk mempromosikan Anda sama sekali (atau dalam waktu dekat), jangan menyerah.

Anda bisa memulai pencarian pekerjaan baru sesegera mungkin. Mungkin ini akan membutuh banyak waktu dan kerja keras, tetapi ada kemungkinan Anda akan memiliki peluang yang lebih baik untuk menegosiasikan gaji yang jauh lebih tinggi di perusahaan lain.

Selain itu, jika mendapatkan tawaran pekerjaan di tempat lain, perusahaan saat ini mungkin akan terbuka untuk meninjau kembali tetang menaikan gaji agar Anda tidak keluar dari perusahaan.

https://money.kompas.com/read/2019/08/13/111100826/rekan-kerja-dapat-gaji-lebih-tinggi-ini-yang-sebaiknya-anda-lakukan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke