Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kualitas SDM Pertanian Digenjot

JAKARTA, KOMPAS.com - Sumber daya manusia (SDM) khususnya generasi muda unggul di bidang pertanian didorong untuk ditingkatkan kualitasnya.

Pemuda Tani HKTI (Himpunan Kerukunan Tani Indonesia) pun berkomitmen untuk mencetak SDM unggul bidang pertanian.

"Sesuai dengan visi Presiden Jokowi SDM Unggul, Indonesia Maju, kami siap mencetak petani-petani muda yang unggul untuk membangun kemandirian pertanian Indonesia,"ungkap Ketua Umum Pemuda Tani HKTI Rina Saadah dalam keterangannya, Rabu (21/8/2019).

Dalam Rakornas Pemuda Tani HKTI, Menteri Pertanian Amran Sulaiman pun menantang para pemuda tani untuk menjadi terdepan dalam pembangunan pertanian masyarakat.

"Kami mengajak para petani muda untuk menjadi pengusaha-pengusaha pertanian besar yang mengelola lahan ribuan hektar dengan membina masyarakat sekitar,"tuturnya.

Mentan mengaku siap membantu bibit unggul untuk dibudidayakan pemuda tani. Kementan menyiapkan 500 juta bibit unggul untuk dibagikan kepada masyarakat.

Dalam kesempatan itu, Pemuda Tani HKTI juga menyepakati kerja sama dengan Lembaga Pembiayaan Dana Bergulir (LPDB) Kementerian Koperasi dan UMKM.

LPDB siap menyaluarkan dana bergulir untuk modal usaha Pemuda Tani HKTI.

Pemerintah pun telah menyiapkan empat rencana besar untuk membangun sumber daya manusia (SDM) yang unggul di masa mendatang.

Keempat rencana besar tersebut telah tercantum dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) tahun 2020-2024.

Pemerintah telah menyiapkan dana besar untuk melaksanakan empat program pembangunan SDM.

Diproyeksikan, untuk menjalankan proyek tersebut akan memakan dana sebesar Rp 1.161 triliun.

https://money.kompas.com/read/2019/08/21/163747226/kualitas-sdm-pertanian-digenjot

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke