Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Belum Ada Hasil Negosiasi Perang Dagang AS-China, Wall Street Merah

Dikutip dari Reuters, pada penutupan perdagangan saham Senin (7/10/2019) waktu setempat indeks Dow Jones Industrial Average turun 95,7 poin atau 0,36 persen menjadi 26.478,02.

Adapun indeks S&P 500 terkoreksi 13,22 poin atau 0,45 persen menjadi 2.938,79. Sementara, indeks Nasdaq Composite melemah 26,18 poin atau 0,33 persen menjadi 7.956,29.

Terpuruknya Wall Street di zona merah menyusul pemberitaan bahwa pihak Beijing kian enggan untuk sepakat dengan berbagai tawaran kesepakatan perdagangan yang ditawarkan oleh Presiden Amerika Serikat Donald Trump.

Namun demikian, penasihat Ekonomi Gedung Putih Larry Kudlow mengatakan, mungkin saja kedua negosiator China dan AS bisa membuat kesepakatan ketika bertemu di Washington. Kudlow pun mengatakan, AS terbuka untuk menerima tawaran kesepakatan yang diajukan China.

Adapun pada perdagagan siang hari, saham-saham Wall Street sempat melaju di zona hijau setelah seorang reporter Fox melalui akun twitternya mengatakan China siap untuk melakukan kesepakatan dengan AS sebagai bagian dari proses negosiasi.

Sebagai infrofmasi, pada Senin ini, negosiator China dan AS kembali melakukan pertemuan untuk menyelesaikan perang dagang yang sudah berjalan selama 15 bulan.

Adapun pertemuan tingkat tinggi antara Perdana Menteri China Liu He dengan Perwakilan Perdagangan AS Robert Lighthizer sekaligus Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin akan dilakukan pada Kamis, (10/10/2019).

"Pasar tengah mencoba membayangkan berbagai kemungkinan dari hasil perang dagang, juga langkah-langkah antisipatif yang harus mereka lakukan," ujar Manager Trader Strategy TD Ameritrade Shawn Cruz.

Sebelumnya, konsesi tarif yang dilakukan oleh Amerika Serikat dan China bulan lalu telah memberikan harapan adanya kemungkinan rampungnya perang dagang yang sudah terlalu lama.

Kekhawatiran yang muncul akibat perang dagang sekaligus indikator perekonomian yang beragam telah memberi dampak negatif kepadda investor. Hal tersebut juga meningkatkan kemungkinan pemangkasan suku bunga untuk ketiga kalinya oleh Federal Reserve tahun ini.


https://money.kompas.com/read/2019/10/08/070900226/belum-ada-hasil-negosiasi-perang-dagang-as-china-wall-street-merah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke