Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

RI Peringkat 61 Dunia dalam Kemampuan Berbahasa Inggris

SINGAPURA, KOMPAS.com - Lembaga pelatihan Education First baru-baru ini merilis indeks kemampuan berbahasa Inggris negara-negara di dunia bertajuk English Proficiency Index (EPI).

Indeks ini mengukur tingkat kemampuan berbahasa Inggris di negara-negara non penutur di seluruh dunia.

Dilansir dari Business Insider, Minggu (15/12/2019) berada di peringkat pertama adalah Belanda. Kemudian, disusul oleh Swedia, Norwegia, dan Denmark.

Negara tetangga Indonesia, yakni Singapura, berada di peringkat kelima. Singapura turun dua peringkat dibandingkan indeks yang dirilis setahun lalu.

Filipina berada di peringkat 20 dan Malaysia berada di peringkat 26. Sementara itu, Indonesia berada di peringkat 61.

Dalam menyusun indeks tersebut, Education First melihat pada nilai EF Standard English Test Score dari 2,3 juta orang di 100 negara di dunia. Rata-rata skor tes Indonesia adalah 50,06.

Sebagai perbandingan, skor Singapura adalah 66,82. Sementara skor Filipina dan Malaysia masing-masing 60,14 dan 58,56.

Apa untungnya memiliki kemampuan bahasa Inggris?

Menurut laporan Education First, semakin tinggi kemampuan berbahasa Inggris bagi penutur asing, maka semakin tinggi pula pendapatannya.

Negara-negara yang memiliki standar tinggi dalam bahasa Inggris juga cenderung memiliki skor Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang tinggi pula. IPM mengukur kemampuan penduduk dalam memobilisadi potensi ekonomi dan profesional.

Laporan itu juga menemukan lima industri dengan penutur asing bahasa Inggris terbaik adalah sektor farmasi, perbankan dan keuangan, teknologi, telekomunikasi, dan konsultasi.

Sementara sektor dengan kemampuan bahasa Inggris terendah adalah ritel, manufaktur, logistik, pendidikan, dan pemerintahan.

Adapun pekerjaan dengan penutur bahasa Inggris terbaik adalah di bidang hukum, keuangan dan riset, sementara yang terburuk adalah akuntansi, distribusi, dan administrasi.

https://money.kompas.com/read/2019/12/15/085200526/ri-peringkat-61-dunia-dalam-kemampuan-berbahasa-inggris

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke