Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tiga Cara Berkeliling Dunia Tanpa Harus Menguras Dompet

NEW YORK, KOMPAS.com - Libur akhir tahun banyak dimanfaatkan oleh banyak orang atau keluarga. Kesempatan ini banyak dimanfaatkan untuk berkumpul bersama, bermain ataupun liburan.

Liburan juga menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk dilakukan banyak orang sebagai bentuk hadiah atas diri sendiri setelah bekerja keras selama setahun.

Dikutip dari CNN, Jumat (27/12/2019) ada tiga cara yang dapat dilakukan ketika ingin liburan keliling dunia tanpa membuat dompet menjerit.

1. Menabung dan berhemat

Daniel Kopp, seorang pilot, mengambil cuti selama delapan bulan setelan meninggalkan Angkata Udara. Ia berlibur dengan mobil RV bersama keluarganya.

Kopp menabung tak sampai 30.000 dollar AS atau setara sekira Rp 420 juta selama tiga tahun untuk menjembatani antara pendapatan dan pengeluaran.

Kopp membeli mobil RV sebagai tempat tinggalnya selama berlibur. Untuk memperoleh penghasilan tambahan, ia menyewakan rumahnya selama liburan. 

Dia juga mendaftarkan diri pada sebuah program asuransi.

2. Buat daftar pengeluaran

Penting untuk membuat rincian pengeluaran. Menurut analis keuangan Lisa Mesquit dari Soaring Investment Management, orang-orang sering lupa mengalokasikan dana sesuai dengan anggaran. 

Akibatnya, ketika liburan usai, ia kesulitan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.

3. Sesuaikan dengan pekerjaan 

Kalau pekerjaan Anda tak dapat dilakukan dari jarak jauh, maka Anda perlu ambil pekerjaan yang sifatnya kontrak atau freelance. Sehingga, liburan tak mengganggu pekerjaan Anda. 

Lauren dan Steven, pasangan dari AS, melakukan liburan yang sangat panjang. Namun, mereka bekerja sebagai guru dan bagian keuangan yang semuanya dikerjakan secara online.

Selepas liburan, pasangan ini kembali bekerja penuh di Florida. 

https://money.kompas.com/read/2019/12/27/072100326/tiga-cara-berkeliling-dunia-tanpa-harus-menguras-dompet

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke