Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[POPULER MONEY] Curhat Dahlan Iskan soal Jiwasraya | Tarif Listrik 900 VA Batal Naik

PT Asuransi Jiwasraya (Persero) tengah dalam kondisi yang sangat pelik. Perusahaan BUMN asuransi ini mengalami gagal bayar polis kepada nasabah terkait produk investasi Saving Plan.

Nilai tunggakan pada nasabahnya tak tanggung-tanggung, mencapai Rp 12,4 triliun.

Seretnya keuangan Jiwasraya bermula dari jatuhnya nilai portofolio saham yang dimilikinya. Kesalahan manajemen terdahulu dalam penempatan investasi jadi penyebabnya. Jiwasraya sendiri diketahui banyak mengoleksi saham yang berisiko tinggi.

Mantan Menteri BUMN, Dahlan Iskan, buka suara masalah yang menerpa Jiwasraya saat dirinya masih memimpin Kementerian BUMN.

Seperti apa curhatan Dahlan Iskan? Simak di sini

2. Tarif Listrik 900 VA Batal Naik Tahun Depan

Kabar gembira bagi pelanggan listrik golongan 900 Volt Ampere (VA) bagi Rumah Tangga Mampu (RTM), pemerintah membatalkan rencana kenaikan tarif listrik mulai 1 Januari 2020.

Keputusan ini dimaklumatkan setelah mempertimbangkan stabilitas ekonomi dan menjaga daya beli masyarakat.

"Belum (ada kenaikan). Kita jaga kestabilan dulu," kata Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arifin Tasrif dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (28/12/2019).

Pemerintah menilai penyesuaian tarif PLN tersebut belum diperlukan kendati PT PLN (Persero) telah mengajukan permohonan penyesuaian kepada Kementerian ESDM.

Simak selengkapnya di sini

3. Ini 10 Negara yang Beri Upah Per Jam Tertinggi di Dunia

Wacana penerapan skema upah per jam menjadi isu yang hangat dibahas sepanjang pekan ini. Ada yang setuju, namun ada juga yang menolaknya.

Pengusaha menyambut hangat rencana upah per jam. Alasannya, skema tersebut akan memicu produktivitas pekerja.

Namun para buruh yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) menolak skema upah per jam karena dinilai akan merugikan buruh.

KSPI pun dengan lantang menyebut, Indonesia belum mampu menerapkan sistem upah per jam meskipun banyak negara-negara telah menerapkannya

Negara mana saja yang upahnya palih tinggi? Baca di sini

4. Saham Amazon Pecah Rekor, Jeff Bezos Kembali Jadi Orang Terkaya Dunia

CEO Amazon Jeff Bezos kembali menduduki posisinya sebagai orang terkaya dunia setelah saham Amazon melonjak menjelang liburan Natal tahun 2019 ini.

Posisi orang terkaya sejagat tersebut direbut Bezos setelah selama berminggu-minggu, Bezos berada di posisi orang terkaya dunia kedua setelah pendiri Microsoft Bill Gates merebutnya dari Bezos.

Mengutip CNN, saham Amazon memecah rekor tertingginya saat musim belanja liburan Natal tiba. Saat sesi perdagangan ditutup setelah Hari Natal, saham Amazon melonjak lebih dari 4 persen ditutup di atas 1.868 dollar AS pada Boxing Day dari sebelumnya sempat di bawah 1.790 dollar AS per saham.

Berdasarkan data SEC terbaru menunjukkan bahwa Jeff Bezos memiliki 57.610.359 saham Amazon. Kenaikan saham Amazon tersebut telah meningkatkan kekayaan bersih Jeff Bezos lebih dari 4,5 miliar dollar AS.

Selengkapnya baca di sini

5. Mengintip Mewahnya Jeroan Kereta Bandara Adi Soemarmo Solo

Setelah beberapa kali tertunda, kereta bandara yang menghubungkan Stasiun Balapan dengan Bandara Adi Soemarmo resmi beroperasi hari ini, Minggu (29/12/2019).

Rencana pengoperasian kereta bandara ini beberapa kali tertunda dari jadwal sebelumnya pada 2018, Juli 2019, dan terakhir pada Oktober 2019 karena belum rampungnya lintasan kereta api.

Proyek Kereta Bandara Adi Soemarmo sebetulnya sudah mulai dibangun sejak April 2017. Groundbreaking bahkan dilakukan langsung oleh Presiden Joko Widodo dan ditargetkan bisa selesai dan beroperasi pada 2018.

Di tahap awal operasi, kereta bandara ini tidak memungut biaya alias gratis. Penggratisan tarif tiket untuk dua bulan pertama pengoperasian.

Simak selengkapnya di sini

https://money.kompas.com/read/2019/12/30/053900426/-populer-money-curhat-dahlan-iskan-soal-jiwasraya-tarif-listrik-900-va-batal

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke