Salin Artikel

Langkah Gojek Akuisisi Moka Makin Nyata

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada tahun 2019 berhembus kabar bahwa PT Aplikasi Karya Anak Bangsa atau Gojek mengakuisisi Moka Technology Solutions Pte Ltd.

Moka adalah perusahaan rintisan teknologi finansial (fintech) yang menyediakan layanan mobile point of sales (MPOS) atau kasir online.

Kini kabar itu menjadi kenyataan. Manajemen decacorn super app Indonesia tersebut sudah mengirimkan pemberitahuan aksi korporasi tersebut ke Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU).

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nonor 57 tahun 2010 tentang Merger dan Akuisisi, setiap penggabungan badan usaha, peleburan badan usaha atau pengambilalihan saham perusahaan lain yang berakibat nilai aset atau nilai penjualannya melebihi jumlah tertentu wajib diberitahukan secara tertulis ke KPPU paling lama 30 hari kerja sejak tanggal efektif aksi korporasi tersebut.

Situs KPPU mencatat manajemen Gojek menyampaikan pemberitahuan tersebut pada 9 April 2020. Pemberitahuan terregristrasi pada nomor A1 60 20.

Artinya, kepastian akuisisi itu sudah terjadi pada Maret lalu.

Belum ada penjelasan resmi dari kedua pihak atas akuisisi ini. Menurut pemberitaan Bloomberg pada Desember 2019, akuisisi itu bernilai 120 juta dollar AS.

Akuisisi Gojek terhadap Moka akan meningkatkan bisnis di bidang pembayaran digital. Gojek sudah punya bisnis pembayaran, yakni Gopay.

Tahun lalu, GoPay dan Moka sudah berkolaborasi dalam alat pembayaran. (Adi Wikanto)

Berita ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Kabar burung terkait ekspansi Gojek menjadi kenyataan

https://money.kompas.com/read/2020/04/17/123300526/langkah-gojek-akuisisi-moka-makin-nyata

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.