Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Energi Baru Terbarukan Bisa Jadi Pondasi Pemulihan Ekonomi Pasca Covid-19

Direktur Utama Geo Dipa Energi, Riki Firmandha Ibrahim mengatakan, tema tersebut diusung sebagai optimisme pertumbuhan penggunaan energi baru terbarukan (EBT) pasca pandemi Covid-19.

"Geo Dipa percaya, energi terbarukan seperti Panas Bumi akan menjadi pondasi yang kuat bagi Indonesia untuk pemulihan ekonomi pasca pandem," kata dia dalam keterangan tertulis, Jumat (10/7/2020).

Riki menjelaskan, disetujuinya kucuran dana dari Bank Pembangunan Asia ADB)sebesar 300 Juta dollar AS untuk pembangunan proyek Dieng Unit 2, Jawa Tengah dan Patuha Unit 2, Jawa Barat di tengah pandemi Covid-19, merupakan gambaran nyata kepercayaan kepada Indonesia untuk mendorong pembangunan energi terbarukan dan industri saat ini.

"Proyek Energi Terbarukan Panas Bumi merupakan sebuah investasi berkelanjutan yang sangat strategis," ujarnya.

Menurut dia,  sifat EBT yang lebih sustainable menjadi kunci mengapa energi ini dapat menopang pemulihan ekonomi Indonesia.

"Energi panas bumi mampu membawa pemulihan ekonomi negeri bahkan meningkatkan ekonomi lebih baik karena berpotensi untuk menghadirkan pabrikan-pabrikan turbin berteknologi tinggi serta menciptakan banyak SDM," tutur Riki.

Lebih lanjut, Riki menyebutkan, pandemi Covid-19 dapat menjadi momentum baik bagi Indonesia untuk melakukan transformasi energi kepada energi yang berkelanjutan dan ramah lingkungan seperti Panas Bumi.



Data terbaru dari Badan Energi Terbarukan Internasional (IRENA) menunjukan, sejak tahun 2012 Energi terbarukan tumbuh secara eksponensial.

Sementara itu, pada penelitian yang berbeda, Shell dalam laporan Sky Scenario-nya (2018), menggambarkan permintaan energi berbasis fosil akan mencapai puncaknya di tahun 2025-2030.

Pada saat itu, Indonesia diproyeksi masuk menjadi 4 negara besar yang ditopang dengan anugerah energi terbarukan panas bumi mendominasi permintaan energi listrik dalam negeri, sedangkan energi fosil dialihkan manfaatnya yang lebih penting lagi untuk kebutuhan sandang, obat-obatan, bahan kimia dan lainnya.

"Pada tahun 2023/4 Proyek Dieng 2 dan Patuha 2 direncanakan akan mencapai Commercial Operation Date (COD), dengan misi penugasan lainnya menjalankan Government Drilling untuk mengurangi risiko investasi eksplorasi panas bumi," tutur Riki.

https://money.kompas.com/read/2020/07/10/181300426/energi-baru-terbarukan-bisa-jadi-pondasi-pemulihan-ekonomi-pasca-covid-19

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke