Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Lewat WMM 2020, Bank Mandiri Beri Stimulus Bagi Wirausaha Muda

Corporate Secretary Bank Mandiri Rully Setiawan mengatakan, penyelenggaran kompetisi wirausaha ini bertujuan menjaring bibit-bibit wirausaha muda dari seluruh kalangan. Targetnya ada 3.500 perserta dari usia 18-35 tahun yang mengikuti ajang ini.

"Harapannya, generasi muda dapat melihat ajang ini sebagai media aktualisasi, dan promosi atas inovasi dan kreasi diri, sekaligusmendorong kebangkitan ekonomi Indonesia di tengah ketidakpastian global akibat pandemi Covid-19,” ujar Rully dalam konferensi pers virtual kick-off WMM 2020, Rabu (12/8/2020).

Ia menjelaskan, rangkaian dan teknis kegiatan WMM 2020 mulai pendaftaran, penjurian dan kegiatan pendukung lainnya akan dilakukan secara virtual. Hal ini memang berbeda dari penyelenggaraan di tahun-tahun sebelumnya, mengingat saat ini adanya kenormalan baru akibat pandemi.

"Kami mendukung generasi muda untuk bangkit, terutama di masa-masa sulit saat pandemi seperti ini, sehingga turut membantu Indonesia mempercepat pemulihan ekonomi," katanya.

Kepala Departmen Corporate Social Responsibility (CSR) Bank Mandiri Diwangkoro Ratam menambahkan, kompetisi WMM tahun ini mengadu inovasi wirausaha muda di lima kategori, yakni industri, perdagangan dan jasa, boga, kreatif, sosial dan teknologi.

Terdapat dua jenis kompetisi, yakni business existing atau bagi pelaku usaha mikro, kecil, menengah (UMKM) yang sudah menjalankan bisnisnya minimal 1 tahun dengan omzet Rp 100 juta per tahun. Kedua business plan atau bagi generasi muda yang memiliki ide bisnis dan ingin memulainya.

"Business plan bagi generasi muda yang punya konsep, ide, prototipe bisnis atau teknologi yang dapat diterapkan dalam waktu dekat," jelasnya.

Proses seleksi akan dilakukan di masing-masing wilayah dengan tahapan awal administrasi pada tanggal 26 September 2020. Kemudian dilanjutkan tahap verifikasi pada tanggal 11 Oktober 2020.

Peserta juga akan melalui penjurian zona pada 21 Oktober 2020, dan penjurian nasional pada 26-28 Oktober 2020. Sementara itu, puncak acara yaitu penganugerahan WMM Award akan diselenggarakan pada 30 Oktober 2020 di Jakarta.

Pada tingkat nasional juri yang ditetapkan diantaranya ada President Director Bank Mandiri Royke Tumilaar, Najwa Shihab, dan Adrian Gunadi.

Lewat ajang ini bank pelat merah itu juga mendorong para pemenang dan finalis untuk melindungi hak kekayaan intelektual terkait bisnis yang digeluti, sehingga dapat digunakan secara optimal sebagai aset produktif.

"Jadi ajang ini menjadi bagian dari tujuan menggerakkan ekonomi nasional, untuk wirausaha muda dapat wujudkan ide bisnisnya bagi yang business plan, sedangkan untuk yang existing plan bisa meningkatkan modal dan terus lancarkan bisnisnya," jelas Diwangkoro.

https://money.kompas.com/read/2020/08/12/125651926/lewat-wmm-2020-bank-mandiri-beri-stimulus-bagi-wirausaha-muda

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke