Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Dibayangi Resesi, Kurs Rupiah Dibuka Melemah

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pada awal perdagangan di pasar spot, Jumat (14/8/2020), melemah.

Mengutip data Bloomberg pukul 09.24 WIB, rupiah berada pada level Rp 14.840 per dollar AS. Rupiah melemah 64 poin atau 0,44 persen dibandingkan penutupan sebelumnya pada level Rp 14.776 per dollar AS.

Kepala Riset dan Edukasi PT Monex Investindo Futures Ariston Tjendra mengatakan pelemahan rupiah pagi terdorong sentimen kekhawatiran pelaku pasar akan bayang-bayang resesi di Indonesia.

“Rupiah kelihatannya masih berpotensi melemah hari ini, potensi resesi di Indonesia yang diperkirakan banyak analis menjadi faktor penekan,” kata Ariston kepada Kompas.com, Jumat (14/8/2020).

Dari eksternal, sentimen negatif muncul dari rencana paket stimulus kedua AS yang hingga kini masih belum menemukan titik temu antara Partai Demokrat dan Republik.

“Paket stimulus AS yang masih belum disetujui mengindikasikan pemulihan ekonomi yang lambat. Ini bisa mendorong pelemahan rupiah,” jelas Ariston.

Ariston memproyeksikan rupiah hari ini akan bergerak pada kisaran Rp 14.700 per dollar AS sampai dengan Rp 14.850 per dollar AS.

https://money.kompas.com/read/2020/08/14/101239926/dibayangi-resesi-kurs-rupiah-dibuka-melemah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke