Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

BRI Ungkap Tabungan Simpedes Topang Simpanan Mikro

Direktur Bisnis Mikro Bank BRI, Supari mengatakan, jumlah simpanan Tabungan Simpedes semakin meningkat, sehingga menopang porsi simpanan BRI secara keseluruhan.

Teranyar, dari Rp 320 triliun simpanan mikro secara keseluruhan, sebanyak Rp 240 triliun merupakan tabungan BRI Simpedes.

"Bahkan dana murah (CASA), BRI Simpedes pegang porsi terbesar. Jadi begitu pentingnya Simpedes untuk BRI," kata Supari dalam konferensi virtual Pesta Rakyat Simpedes, Jumat (11/9/2020).

Supari menuturkan, dana itu kemudian dialirkan kepada masyarakat dalam bentuk pinjaman-pinjaman kecil. Oleh sebab itu dalam Rencana Bisnis Bank (RBB), BRI masih optimistis bisa menumbuhkan kredit 4 persen pada 2020.

"Dan (kredit) disumbang besar dari segmen mikro yang akan tumbuh 8-9 persen," paparnya.

Supari bilang, optimistis itu tetap terjaga meski diterapkannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sesi II pada 14 September mendatang.

Meski tak dipungkiri akan berdampak pada permintaan kredit, pihaknya merasa para pelaku usaha UMKM bisa pulih lebih cepat karena sudah belajar dari PSBB pada Maret lalu.

"Sehingga (pelaku usaha) lebih cepat menyesuaikan kondisi yang ada. Stimulus pemerintah juga sudah mulai terimplementasi dengan bagus. Stimulus itu meringankan beban (mereka)," pungkasnya.

https://money.kompas.com/read/2020/09/11/200000826/bri-ungkap-tabungan-simpedes-topang-simpanan-mikro

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke