Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Erick Thohir Mau Ajak MUI ke China, Lihat Produksi Vaksin Covid-19

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Erick Thohir mengatakan, akan mengajak Majelis Ulama Indonesia (MUI) ke China untuk melihat proses produksi vaksin Covid-19 buatan Sinovac.

Hal tersebut dilakukan untuk memastikan vaksin Covid-19 buatan China terjamin kehalalannya.

“Kita juga pastikan vaksin ini halal dan juga standar kita, karena itu kita kirimkan BPOM ke UAE dan Insya Allah ke China bersama MUI Oktober ini,” ujar Erick dalam webinar, Selasa (15/9/2020).

Erick menambahkan, ketika penyuntikan vaksin Covid-19 kepada para relawan di Bandung sendiri pihaknya juga telah menggandeng MUI dan BPOM.

“Pada saat uji coba vaksin pertama di Bandung MUI juga hadir,” kata pria yang juga menjabat menteri BUMN itu.

Selain itu, Erick juga telah bertemu dengan Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin untuk membicarakan vaksin Covid-19 buatan Sinovac asal China ini.

“Saya juga datang ke Pak Wapres untuk memastikan proses ini didukung dan tentu kita menjanjikan kehalalan dari vaksin ini,” ucap dia.

Diketahui, Indonesia sendiri melalui PT Bio Farma tengah mengembangkan vaksin Covid-19 buatan Sinovac asal China. Saat ini, Sinovac tengah melakukan uji klinis tahap tiga di Indonesia, Bangladesh, Arab Saudi, dan Turki.

Selain dengan Sinovac, Indonesia juga menjalin kerja sama terkait vaksin Covid-19 dengan perusahaan asal Uni Emirat Arab (UAE), G42. Untuk G42, melakukan uji klinis sendiri di UEA.

Indonesia telah mengirim tim ke UEA untuk memantau uji klinis tersebut.

Jika proses uji klinis itu berjalan mulus, ditargetkan di awal 2021 sudah bisa dilakukan imunisasi massal bagi masyarakat Indonesia.

https://money.kompas.com/read/2020/09/15/162231226/erick-thohir-mau-ajak-mui-ke-china-lihat-produksi-vaksin-covid-19

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke