Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ini Gebrakan yang Mau Ditunaikan Sandiaga Uno Usai Jadi Menteri

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengusaha dan politisi Partai Gerindra, Sandiaga Uno, mengatakan bakal menerapkan strategi inovasi dengan menggunakan teknologi big data untuk menggarap dan membangkitkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang terdampak pandemi Covid-19.

“Strategi yang mungkin diadopsi adalah strategi inovasi dengan menggunakan teknologi, menggunakan pendekatan big data, pendekatan kekinian untuk memetakan baik dari segi potensi maupun penguatan,” kata Sandiaga Uno, dilansir dari Antara, Rabu (23/12/2020).

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu juga mengatakan bahwa dengan mengadopsi strategi yang dimaksud, pelaku sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dipastikan bisa bertahan di tengah pandemi.

Namun, pertahanan yang dimiliki juga tidak semata survive.

“Bukan hanya survive, tapi juga thrive, survive and thrive, bertahan dan menangkap peluang untuk jadi pemenang. Strategi inovasi,” kata Sandiaga Uno.

Setelah didapuk menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, alumnus Wichita State University itu juga menekankan pentingnya adaptasi di tengah pandemi.

Ia berpendapat, penting bagi semua pihak untuk selalu mendahulukan kesehatan dan keselamatan di setiap destinasi pariwisata dan di setiap lini ekonomi kreatif.

Selain itu, protokol Cleanliness, Health, Safety, and Environment Sustainability (CHSE) menjadi satu hal yang juga penting ditunjang dengan kolaborasi yang baik.

“Kami akan berkolaborasi dengan semua pihak, pemerintah, lembaga, pemerintah pusat, pemerintah daerah, pemerintah provinsi, pemerintah kota, pemerintah kabupaten, akademisi, universitas, maupun masyarakat, dan dunia usaha,” kata dia.

Sandiaga Uno mengaku akan menggandeng pelaku industri yang tergabung dalam asosiasi, termasuk Kadin, Hipmi, PHRI, dan semua asosiasi yang terkait di sektor pariwisata yang disebutnya teramat sangat penting.

“Semoga Allah SWT meridhoi dan memberikan kekuatan kita untuk keluar dari pandemi dan membangun pariwisata dan ekonomi kreatif yang lebih baik lagi,” jelas dia.

Sandiaga Uno menjelaskan, tugas lain dari Kemenparekraf adalah memastikan keberlanjutan dan ketahanan usaha sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang saat ini terdampak pandemi Covid-19.

Dampak pandemi telah menyebabkan banyak terjadi pemutusan hubungan kerja (PHK) di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

"Sektor pariwisata dan ekraf ini akan menjadi lokomotif pascapandemi Covid-19 untuk kita melanjutkan agenda pembangunan di sektor ini untuk terus membuka lapangan kerja seluas-luasnya untuk menghadirkan kesejahteraan bagi rakyat Indonesia,” ujar dia.

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menanggapi positif terpilihnya enam sosok calon menteri Kabinet Indonesia Maju Presiden Joko Widodo yang baru saja diumumkan.

Hal itu termasuk sosok menteri yang berada di bawah kementeriannya, yaitu Menteri Kelautan dan Perikanan serta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf). Bahkan, Luhut berharap agar kedua menteri di bawah koordinasinya bisa terjalin baik.

"Pak Luhut menyambut baik terpilihnya kedua menteri baru tersebut dan berharap bisa meneruskan kerja sama yang baik selama ini," ujar Juru Bicara Menko Marves Jodi Mahardi kepada Kompas.com.

https://money.kompas.com/read/2020/12/23/094622526/ini-gebrakan-yang-mau-ditunaikan-sandiaga-uno-usai-jadi-menteri

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke