Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pemblokiran Akun Sosial Media Trump Terus Berlanjut, Kini Giliran Youtube

NEW YORK, KOMPAS.com - Platform berbagi video asal Amerika Serikat, Youtube memblokir channel Presiden Amerika Serikat Donald Trump setidaknya satu minggu ke depan.

Dilansir dari CNN, Rabu (13/1/2021) perusahaan menyatakan kemungkinan waktu pemblokiran akun Youtube Trump berlangsung lebih dari satu pekan.

Keputusan tersebut diambil lantaran channel Trump dinilai telah melakukan pelanggaran kebijakan platform tersebut.

Youtube menyatakan, video teranyar di channel Trump telah menyulut kekerasan, meski saat ini video tersebut telah dihapus dari channel tersebut.

Meski demikian, Youtube menolak untuk membagikan detil mengenai keterangan video yang membuat Trump mendapat teguran tersebut.

Anak usaha Google tersebut mengatakan, bila batas waktu satu pekan habis, perusahaan masih akan melakukan peninjauan ulang terkait keputusan tersebut.

Selain video di akun Trump, Youtube pun mengatakan telah menghapus konten dari channel Gedung Putih karena dinilai telah melakukan pelanggaran kebijakan.

Sebelumnya, Youtube merupakan satu-satunya platform media sosial arus utama yang tidak menangguhkan akun Trump dengan cara tertentu.

Facebook sebelumnya telah menetapkan kebijakan untuk memblokir akun Trump tanpa batas waktu tertentu, sementara Twitter memutuskan untuk memblokir akun Trump secara permanen.

"Setelah peninjauan ulang secara hati-hati, dan dengan adanya kekhawatiran mengenai potensi kekerasaan yang terjadi belakangan, kami memutuskan untuk menghapus konten terbaru yang diunggah melalui akun Donald J Trump dan memberi peringatan terkait pelanggaran kebijakan karena menyulut kekerasan," jelas juru bicara Youtube dalam keterangannya.

"Sebagai hasilnya, seiring dengan sistem kami, channel tersebut saat ini diblokir untuk mengunggah video baru atau melakukan layanan livestream minimal satu pekan, dan mungkin bisa diperpanjang," ujar mereka.

Youtube juga mengatakan bakal mengambil langkah lanjutan dengan mematikan kolom komentar di setiap video yang diunggah oleh akun Trump.

Berdasarkan kebijakan YouTube, menerima teguran kedua akan mengakibatkan penangguhan channel selama dua minggu dan tiga teguran akan mengakibatkan pemblokiran akun secara permanen.

https://money.kompas.com/read/2021/01/13/161139726/pemblokiran-akun-sosial-media-trump-terus-berlanjut-kini-giliran-youtube

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke