Salin Artikel

Transformasi Digital, Merek Elektronik Legendaris Sanken Hadir di E-Commerce

KOMPAS.com – Kualitas produk-produk Indonesia tidak kalah saing dengan buatan luar negeri.

Indonesia memiliki sejumlah merek yang legendaris dan terus bertahan selama puluhan tahun, meski tidak sedikit merek luar negeri hadir di pasar. Salah satu merek tersebut adalah Sanken.

Produsen elektronik yang menyediakan kebutuhan rumah tangga, mulai dari kulkas, dispenser, air conditioner (AC), kipas angin, speaker, sampai televisi (TV) tersebut bertahan hingga 26 tahun. Hingga kini, produk-produk Sanken masih dipercaya oleh masyarakat Indonesia.

General Manager Sanken Esmond H Tirtajasa mengatakan, salah satu kunci sukses Sanken adalah terus berinovasi dan menghadirkan jaminan kualitas terbaik.

Hal ini sesuai dengan komitmen Sanken menghadirkan produk elektronik berkualitas Jepang dan jargon “Idenya Sanken”.

Di tengah pandemi Covid-19 yang menuntut setiap pelaku bisnis bertransformasi digital untuk memenuhi kebutuhan konsumen, Sanken juga mengambil langkah inovatif dengan menghadirkan official store di platform e-commerce.

“Setelah memiliki lebih dari 20 cabang yang tersebar di Indonesia, kami ingin terus memperluas jangkauan pasar kami untuk berbagai kebutuhan produk elektronik sehari-hari masyarakat di Indonesia,” ujar Esmond dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Sabtu (3/7/2021).

Menurut Esmond, perkembangan e-commerce turut mengubah kebiasaan masyarakat Indonesia dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari yang mulai beralih ke platform online.

Hal tersebut membuat Sanken merasa perlu beradaptasi dan melakukan digitalisasi penjualan. Dengan begitu, lanjut Esmond, penjualan akan lebih efektif. Masyarakat pun dapat memenuhi kebutuhan elektronik dengan aman dan nyaman.

Ia juga mengatakan, dengan hadirnya official store Sanken di e-commerce, konsumen memiliki lebih banyak pilihan tempat untuk berbelanja produk elektronik.

“Sanken dapat menjawab semua kebutuhan-kebutuhan elektronik nasional, baik secara offline maupun online,” katanya.

Saat ini, official store Sanken dapat ditemukan di platform e-commerce Shopee. Esmond mengatakan, e-commerce berwarna oranye tersebut menjadi pilihan Sanken karena telah ditopang oleh sistem operasional dan penjualan yang mumpuni.

Sistem keamanan yang dimiliki Shopee dan kenyamanan berbelanja online yang ditawarkan, menurut Esmond, membuat pengguna tidak ragu untuk membeli produk Sanken secara daring.

“Kehadiran Sanken Official Shop di platform Shopee Indonesia (diharapkan) mampu memenuhi berbagai kebutuhan produk elektronik masyarakat Indonesia dengan mudah,” tutur Esmond.

Lebih banyak promo untuk konsumen

Melalui official store di platform Shopee, Sanken tak hanya dapat menjangkau lebih banyak konsumen dan memudahkan masyarakat memenuhi kebutuhan elektronik.

Sanken dapat lebih banyak mengapresiasi pelanggan, baik pelanggan baru atau yang sudah bertahun-tahun memilih produknya, dengan beragam promo menarik.

Esmond menambahkan, Shopee memiliki berbagai program yang dapat dimanfaatkan Sanken untuk melakukan hal tersebut.

Salah satunya, promo Shopee 7.7 Mega elektronik Sale yang sedang berlangsung saat ini hingga Rabu (7/7/ 2021).

Melalui program tersebut, pembeli produk Sanken dapat mendapat promo cashback 50 persen, cash on delivery (COD) gratis ongkos kirim (ongkir) Rp 0, serta garansi 100 persen ori.

Kehadiran berbagai promo menarik di Shopee juga mempermudah Sanken dalam menjalankan strategi bisnis.

Adapun strategi penjualan yang dilakukan Sanken di Shopee, yakni menghadirkan produk spesial khusus bagi pembeli Shopee, live selling, dan sebagainya. Oleh sebab itu, program tersebut juga turut mendongkrak penjualan Sanken.

“Selain itu, Shopee juga memberikan pendampingan kepada para mitra usaha guna menghasilkan solusi terbaik dari penjualan produknya di platform Shopee,” tambah Esmond.

Ingin bertahan dan generasi ke generasi

Sebagai informasi, Sanken Elektronik memulai operasional usahanya pada 1995. Pada mulanya, perusahaan ini menjadi importir peralatan elektronik saja.

Pada saat itu, peralatan elektronik seperti TV, mesin cuci, dan lemari es, masih sulit didapat, baik dari produsen dalam negeri maupun importir. Sanken elektronik hadir guna memudahkan konsumen Indonesia dalam mencari peralatan-peralatan elektronik.

Seiring berjalannya waktu, Sanken mulai memproduksi berbagai peralatan elektronik. Awalnya, Sanken hanya memproduksi peralatan elektronik untuk kebutuhan pengusaha. Lama-kelamaan, lini produknya semakin banyak dengan penambahan peralatan elektronik rumah tangga.

Saat ini, Sanken mempunyai hampir 1.000 karyawan yang senantiasa menghasilkan produk dan layanan terbaik untuk konsumen.

Fasilitas pabrik dan manufaktur Sanken senantiasa memenuhi kebutuhan produk elektronik dalam negeri dari generasi ke generasi.

Esmond menjelaskan, mengambil peluang di era digital, salah satunya dengan hadir di e-commerce, merupakan upaya Sanken memperkuat “fondasi” sebagai merek produk elektronik tepercaya bagi konsumen.

Selain itu, Sanken secara otomatis ikut serta dalam perkembangan ekonomi digital di Tanah Air.

“Dengan Shopee, Sanken merasakan dan ikut berpartisipasi dalam perkembangan pesat belanja online di Indonesia,” kata Esmond.

https://money.kompas.com/read/2021/07/03/131700026/transformasi-digital-merek-elektronik-legendaris-sanken-hadir-di-e-commerce

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.