Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mau Ajukan KUR Bank Mandiri? Simak Syarat dan Besaran Bunganya

Dengan masih merebaknya Covid-19, sejumlah insentif diberikan pemerintah dalam program KUR. Seperti perpanjangan KUR tanpa agunan untuk pinjaman sampai Rp 100 juta dan subsidi bunga sebesar 3 persen.

Selain itu, pemerintah juga memutuskan untuk meningkatkan plafon KUR 2021 untuk bank BUMN dari Rp 253 triliun dan Rp 285 triliun. Ini dilakukan untuk menambah kuota KUR lembaga penyalur.

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk menjadi salah satu bank penyalur terbesar. Untuk tahun ini, bank dengan aset terbesar itu mendapat jatah penyaluran KUR sebesar Rp 31 triliun.

Dilansir dari situs resminya, Bank Mandiri memilki 4 jenisu KUR. Pertama, KUR Mikro, yakni pembiayaan dengan limit maksimal sebesar Rp 25 juta per debitur dan jangka waktu maksimal 2 tahun.

Kemudian, KUR Ritel, dengan limit kredit di tas Rp 25 juta sampai dengan maksimal Rp 200 juta per debiturm dan jangka waktu maksimal 3 tahun untuk kredit modal kerja dan 5 tahun untuk kredit investasi.

Selanjutnya, KUR Penempatan TKI, dengan limit kredit maksimal sampai dengan Rp 25 juta per debitur dengan jangka waktu disesuaikan dengan masa kontrak kerja atau maksimal 12 bulan.

Terakhir, Bank Mandiri memilki KUR Khusus, dengan limit di atas Rp 25 juta sampai dengan Rp 500 juta diberikan kepada kelompok yang dikelola secara bersama dalam bentuk cluster dengan menggunakan Mitra Usaha untuk komoditas perkebunan rakyat dan peternakan rakyat serta perikanan rakyat.

Adapun suku bunga KUR Bank Mandiri efektif 6 persen per tahunnya.

Sementara itu, syarat pengajuan untuk KUR Mikro dan KUR Ritel adalah sebagai berikut :

Adapun untuk KUR Penempatan TKI persyaratannya adalah sebagai berikut :

https://money.kompas.com/read/2021/08/27/133500826/mau-ajukan-kur-bank-mandiri-simak-syarat-dan-besaran-bunganya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke