Salin Artikel

Tempat Wisata Mulai Dibuka, Sistem Ganjil-Genap Diberlakukan

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada masa penerapan PPKM di wilayah Jawa-Bali periode 14-20 September 2021, pemerintah melakukan uji coba pembukaan sejumlah tempat wisata.

Pembukaan tempat wisata ini hanya berlaku untuk daerah PPKM level 3 dan level 2.

Adapun dalam percobaan pembukaan tempat wisata tersebut, pemerintah memastikan mulai menerapkan aturan ganjil-genap di sepanjang jalan menuju tempat wisata.

Ini sebagai salah satu upaya mengendalikan pandemi Covid-19.

Aturan tersebut tertuang dalam Instruksi Mendagri (Inmendagri) Nomor 42 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 4, Level 3 dan Level 2 Corona Virus Disease 2019 di Wilayah Jawa dan Bali.

Berdasarkan beleid tersebut, penerapan ganjil-genap diberlakukan pada daerah-daerah tempat wisata sepanjang Jumat-Minggu mulai pukul 12.00-18.00 waktu setempat.

Sistem ganjil-genap ini diberlakukan di sepanjang jalan menuju dan dari lokasi tempat wisata.

Selain penerapan ganjil genap, pemerintah juga menetapkan ketentuan bahwa tempat wisata yang buka wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi untuk melakukan skrining terhadap semua pengunjung dan pegawai.

Kemudian bagi anak di bawah usia 12 tahun dilarang untuk memasuki tempat wisata yang dilakukan uji coba.

Meski demikian, perlu diingat bahwa semua tempat wisata telah dibuka. Pembukaan tempat wisata dilakukan secara bertahap berdasarkan keputusan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Destinasi wisata yang mulai dibuka

Sebelumnya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan, pemerintah melakukan uji coba pembukaan 20 destinasi wisata di Indonesia.

Pada wilayah DKI Jakarta tempat wisata yang dibuka yakni Taman Impian Jaya Ancol, Taman Mini Indonesia Indah, dan Kampung Budaya Betawi Setu Babakan.

Lalu pada wilayah Jawa Barat destinasi wisata yang dibuka ada Taman Safari Indonesia, The Lodge Maribaya, Glamping Lake Rancabali, Kawah Putih, Jbound, dan Saung Mang Udjo.

Sementara untuk Jawa Tengah dan DI Yogyakarta, tempat wsiata yang dibuka adalah Grand Maerakaca Taman Mini, TWC Borobudur, TWC Prambanan, Taman Satwa Taru Jurug, Taman Tebing Breksi, Gembira Loka Zoo, dan Hutan Pinus Asri Mangunan.

Kemudian destinasi wisata di Jawa Timur yang dibuka adalah Taman Rekreasi Selecta, Jatim Park 2, Hawai Group, serta Maharani Zoo dan Goa.

Pembukaan destinasi wisata ini rencananya akan dilakukan secara bertahap dengan memperhatikan aspek kesehatan pengunjung dan pekerja di tempat wisata.

Selain itu, uji coba ini akan dievaluasi setiap minggu.

"Secara umum, ada beberapa bahan evaluasi uji coba yang akan diterapkan untuk dijadikan bahan evaluasi ke depan, hal ini dilakukan sebagai upaya dalam membangkitkan kembali sektor pariwisata di masa pemberlakuan PPKM,” ujar Sandiaga dalam acara Weekly Press Briefing, Senin (13/9/2021).

https://money.kompas.com/read/2021/09/14/124918726/tempat-wisata-mulai-dibuka-sistem-ganjil-genap-diberlakukan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.