Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

AFPI: Bunga Pinjaman Online Turun 50 Persen

Biaya pinjaman ini mencakup biaya bunga pemberi pinjaman atau lender, biaya dari penyelenggara platform fintech lending, biaya risk management, hingga biaya transaksi untuk pinjaman tunai jangka pendek.

“Kami sudah review dan kesepakatan untuk menurunkan batas atas maksimal pinjaman bunga sampai kurang lebih 50 persen,” ujar Ketua Umum AFPI Adrian Asharyanto Gunadi dalam diskusi virtual, Jumat (22/10/2021).

Ia mengatakan, penurunan biaya pinjaman ini sebagai salah satu langkah bisnis agar pinjaman online (pinjol) yang legal menjadi lebih terjangkau dengan skala keekonomian yang lebih murah. Sehingga, masyarakat diharapkan bisa membedakan antara pinjol legal dan ilegal.

“Harapannya dengan ini masyarakat bisa membedakan antara yang legal dan ilegal, apalagi harganya sangat kompetitif,” kata dia.

Meski demikian, kebijakan pemotongan biaya pinjaman tersebut tidak permanen, melainkan hanya berlaku selama satu bulan ke depan. Para anggota AFPI pun diminta untuk segera menjalankan apa yang telah disepakati untuk menciptakan eksositem yang sejajar dan memberantas pinjol ilegal.

“Kami putuskan untuk (berlaku) satu bulan, kemudian kami akan review kembali," kata imbuh Sekretaris Jenderal (Sekjen) AFPI Sunu Widyatmoko.

Menurutnya, penurunan tingkat biaya pinjaman akan berdampak pada peminjam uang di pinjol ilegal. Di sisi lain, para pinjol legal yang tergabung di AFPI akan semakin selektif dalam memilih peminjam demi meminimalisasi risiko.

Sunu bilang, langkah untuk semakin selektif memilih para peminjam yang kurang berisiko, akan berpengaruh pada jumlah pencairan atau peminjaman tidak akan setinggi sebelumnya.

“Ini upaya untuk menyeimbangkan antara risiko dan return yang harus ditanggung oleh pemberi pinjaman. Oleh karena itu efeknya akan cukup siginfikan," katanya.

Sebagai informasi, berdasarkan data AFPI, hingga Agustus 2021 terdapat 193 juta peminjam transaksi baik entitas atau individu dan 479 juta borrower atau yang meminjamkan. Selain itu, agregat pinjaman tercatat sebesar Rp 249 triliun dan terdapat 106 perusahaan pinjol legal terdaftar.

https://money.kompas.com/read/2021/10/23/092130626/afpi-bunga-pinjaman-online-turun-50-persen

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke