Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Transaksi BCA Lewat Kantor Cabang Tinggal 0,5 Persen, tapi Volumenya Sangat Besar

Ke depan, transaksi lewat cabang juga diperkirakan akan semakin berkurang. Oleh karena itu, perbankan sudah mulai mengubah konsep jaringan kantornya menyesuaikan perkembangan digital agar bisa lebih efisien.

PT Bank Central Asia Tbk (BCA) misalnya mencatat penurunan transaksi lewat cabang walaupun volumenya masih cukup besar.

Santoso Liem, Direktur BCA mengatakan, frekuensi transaksinya per September 2021 mencapai 78 juta atau turun 14,2 PERSEN yoy dengan nilai Rp 9.413 triliun atau naik 2,2 persen yoy.

BCA telah melayani lebih dari 26 juta rekening nasabah selama periode itu dan memproses sekitar 46 juta transaksi setiap harinya yang didukung oleh 1.237 kantor cabang.

"Komposisi transaksi lewat cabang di bank ini sudah tinggal 0,5 persen dari total transaksi," katanya pada Kontan.co.id, Rabu (16/11/2021)

Mayoritas transaksi di BCA sudah dilakukan secara digital atau mencapai 88 persen per September 2021. Sementara porsi transasi ATM sekitar 11,5 persen karena orang masih membutuhkan transaksi tunai untuk tarik setor.

Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja sebelumnya mengatakan, meskipun pembukaan rekening mayoritas sudah dilakukan lewat online namun masih tetap masih tetap ada permintaan untuk buka akun lewat cabang. Selain itu, kebutuhan cabang dibutuhkan untuk bertemu petugas relation manager.

"Ini menunjukkan bahwa cabang masih dibutuhkan meskipun nasabah yang datang tidak sesering sebelum adanya digital," ujarnya.

Dia menambahkan, jumlah kantor cabang BCA saat ini tidak sebanyak bank pelat merah yakni hanya mencapai 1.237 kantor. Menurutnya, ini masih sejalan dengan kebutuhan nasabah.

Hanya saja, BCA akan tetap melakukan penataan jaringan kantornya. Pada daerah yang potensial, perseroan akan tetap akan membuka jaringan kantor. Namun, pada beberapa area yang sudah dapat tercover jaringan cabang terdekat lainnya akan dilakukan relokasi atau penutupan.

Transaksi e-channel BCA terutama mobile banking dan internet banking tumbuh signifikan masing-masing 55 persen yoy dari menjadi 2,64 miliar dan 29 persen yoy menjadi 1,09 miliar. (Dina Mirayanti Hutauruk)

Berita ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Transaksi BCA lewat kantor cabang tinggal 0,5%, tapi volumenya masih sangat besar

https://money.kompas.com/read/2021/11/17/110310526/transaksi-bca-lewat-kantor-cabang-tinggal-05-persen-tapi-volumenya-sangat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke