Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pastikan Layanan Lancar, TelkomGroup Lakukan Rerouting Jaringan di Lumajang dan Sekitarnya usai Semeru Erupsi

KOMPAS.com - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk atau Telkom segera melakukan antisipasi layanan sehubungan dengan erupsi Gunung Semeru, Sabtu (4/12/2021).

Adapun erupsi tersebut menyebabkan infrastruktur telekomunikasi fiber optik milik Telkom terputus karena Jembatan Gladak Perak terkena lahar erupsi.

Terkait hal tersebut, Vice President Corporate Communication Telkom Pujo Pramono memastikan bahwa layanan telekomunikasi Telkom dari dan menuju Kabupaten Lumajang tidak terganggu karena dapat dilayani melalui jalur alternatif. Selain itu, sentral telepon otomatis (STO) dan alat produksi lain juga terpantau dalam kondisi aman.

Meski demikian, Pujo tak menampik bahwa sebagian layanan di beberapa lokasi terdampak akibat erupsi Gunung Semeru. Hal ini disebabkan oleh padamnya catuan listrik di wilayah sekitar gunung karena masyarakat di kawasan itu sedang mengosongkan wilayah untuk mengungsi.

Telkom, lanjut Pujo, telah melakukan rerouting untuk link ruas jaringan yang putus di kawasan Lumajang-Malang dengan rute lain.

“Saat ini, kami terus melakukan pengecekan dan mempercepat pemulihan layanan jika ditemukan perangkat jaringan yang terdampak atau terkendala catuan listrik. Kami terus berupaya untuk mengamankan layanan TelkomGroup agar tetap beroperasi normal," kata Puju dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Minggu (5/12/2021).

Pujo melanjutkan, Telkom juga akan berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat untuk menyiapkan posko bantuan bagi masyarakat.

“Mari kita berdoa, semoga masyarakat yang berada di Lumajang dan sekitarnya diberikan keselamatan. Semoga bencana ini bisa segera berlalu,” tuturnya.

https://money.kompas.com/read/2021/12/05/130300626/pastikan-layanan-lancar-telkomgroup-lakukan-rerouting-jaringan-di-lumajang-dan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke