Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pasang Panel Surya di 4 Pabrik, Pan Brothers Kurangi 2,1 Juta Emis Karbon Per Tahun

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pan Brothers Tbk bekerja sama dengan PT Xurya Daya Indonesia, untuk melakukan instalasi solar panel dengan kapasitas sampai 2,554 kilowattpeak (kWp).

Instalasi pembangkit listrik ramah lingkungan itu dilakukan di 4 pabrik perseroan, yakni 2 pabrik di Boyolali, 1 pabrik di Sragen dan 1 pabrik di Cikande.

Vice CEO Pan Brothers & Grup Anne Patricia Sutanto mengatakan, dari instalasi solar panel tersebut diharapkan perseroan dapat mereduksi kurang lebih 63 juta kg karbon emisi (CO2e) per 30 tahun atau 2,1 juta per tahunnya.

"Inisiatif tersebut merupakan salah satu komitmen perseroan dan grup untuk menjadi pioneer dalam mendukung program pemerintah sehubungan dengan sustainability dan program untuk mencapai Net-Zero Emission pada tahun 2060," tutur Anne dalam keterangannya, Senin (6/12/2021).

Anne menambahkan, program ini nantinya akan dilanjutkan dengan instalasi tahap kedua pada kuartal I-2022.

Instalasi tahap kedua itu akan dilakukan pada 5 pabrik lainnya di Tangerang, Sragen, Klego, dan Sambi yang diperkirakan akan memberikan hasil sama seperti tahap pertama.

"Saat ini PT Prima Sejati Sejahtera (anak usaha Pan Brothers) telah mengoperasikan solar panel fase satu pada tahap pertama yang berlokasi di Boyolali dengan kapasitas 368 kWp," kata dia.

Sementara itu, VP Marketing Xurya Daya Indonesia George Hadi Santoso berharap, melalui kerja sama ini semakin banyak perusahaan yang melakukan hal serupa, guna mendukung upaya perlindungan terhadap lingkungan.

"Kami berharap lebih banyak perusahaan di Indonesia yang mengikuti jejak Pan Brothers untuk membantu mengurangi pemanasan global dalam membangun masa depan yang lebih baik buat Indonesia," ucap dia.

https://money.kompas.com/read/2021/12/06/132319026/pasang-panel-surya-di-4-pabrik-pan-brothers-kurangi-21-juta-emis-karbon-per

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke