Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Luhut ke Menlu AS: Indonesia Hari Ini Begitu Berubah...

Dalam pertemuan itu, Luhut menyampaikan sejumlah hal kepada Blinken. Hal itu ia ungkapkan dalam akun Instagram pribadinya @luhut.pandjaitan.

"Saya sampaikan kepada Mr.Blinken @secblinken bahwa Indonesia hari ini begitu berubah dari yang dikenal dan bergerak begitu cepat untuk memanfaatkan potensi yang kami miliki," tulis Luhut di akun Instagramnya, Selasa.

Luhut mengatakan bahwa Indonesia ingin menjadi bagian dari rantai pasok global di bidang hilirisasi sumberdaya alam. Luhut juga mengajak berbagai pihak untuk bergabung ke dalam proyek penambahan nilai tersebut.

Kunjungan Blinken tersebut merupakan kunjungan pertamanya ke Indonesia. Sebelum bertemu Luhut, Blinken lebih dulu menemui Presiden Joko Widodo di Istana Negara.

Luhut menjelaskan, Pemerintah AS tertarik untuk menjalin kemitraan dengan Indonesia khususnya dalam pelestarian lingkungan.

"Untuk itu saya tegaskan kepada beliau bahwa Indonesia akan selalu menjaga komitmen pada Paris Agreement dan Net Zero Emission dengan fokus pada kebijakan yang punya concern pada perubahan iklim dan pengurangan emisi seperti restorasi mangrove dan lahan gambut, serta mekanisme transisi energi dari bahan bakar fosil kepada EBT," kata dia.

Ia menyebut, melalui transformasi ekonomi yang berfokus pada pengembangan industri bernilai tambah, Indonesia akan tumbuh lebih kuat setelah pandemi Covid-19. Oleh sebab itu, Luhut menawarkan kerja sama dengan seluruh negara termasuk AS.

"Maka dari itu kami akan selalu menjadi mitra strategis bagi semua negara yang membuka peluang kerja sama dengan Indonesia, tidak terkecuali Amerika Serikat," tuturnya.

https://money.kompas.com/read/2021/12/15/055214426/luhut-ke-menlu-as-indonesia-hari-ini-begitu-berubah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke