Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Prosedur dan Syarat Bayar Pajak Motor Tahunan di Samsat Keliling

JAKARTA, KOMPAS.com – Cara bayar pajak motor online memang bisa menjadi pilihan praktis dan mudah. Namun, banyak masyarakat yang masih memilih bayar pajak motor (pajak kendaraan bermotor) secara langsung di gerai Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) ataupun Samsat keliling.

Di Samsat keliling, pembayaran pajak kendaraan bermotor (PKB) tahunan bisa lebih cepat. Pemilik kendaraan hanya perlu menyiapkan beberapa dokumen persyaratan (syarat bayar pajak motor) dan uang tunai untuk melunasi pajak kendaraan bermotor.

Waktu yang dibutuhkan untuk bayar pajak kendaraan bermotor di Samsat keliling hanya beberapa menit saja. Anda cukup mendatangi loket pendaftaran dan mengisi formulir, serta menyerahkan dokumen persyaratan bayar pajak motor. Setelah itu, Anda tinggal menunggu panggilan dari petugas.

Samsat keliling sendiri merupakan layanan pengesahan STNK setiap tahun, pembayaran PKB dan SWDKLLJ di dalam kendaraan dengan metode jemput bola yaitu dengan mendatangi pemilik kendaraan yang jauh dari pusat pelayanan Samsat.

Lalu apa saja persyaratan bayar pajak motor atau syarat bayar pajak motor di gerai Samsat keliling?

Syarat bayar pajak motor tahunan

Dikutip dari akun Instagram @humaspajakjakarta, syarat bayar pajak motor atau persyaratan bayar pajak motor adalah sebagai berikut:

  • Tidak memiliki tunggakan pajak kendaraan bermotor lebih dari 1 tahun
  • Membawa e-KTP pemilik asli (sesuai STNK) beserta fotokopi
  • Membawa BPKB asli beserta fotokopi
  • Membawa STNK asli beserta fotokopi
  • Surat kuasa disertakan materai dan fotokopi KTP penerima kuasa apabila dikuasakan

Setelah semua dokumen persyaratan bayar pajak motor lengkap, Anda bisa langsung mendatangi Samsat keliling atau gerai Samsat terdekat untuk membayar pajak kendaraan bermotor.

Untuk pelayanan pajak di Samsat keliling umumnya dilayani setiap Senin - Jumat : 08.00 - 12.00 WIB, sedangkan di gerai Samsat dilayani mulai pukul 08.00 WIB sampai pukul 14.00 WIB.

Sementara untuk mengetahui lokasi Samsat keliling, Anda dapat mengakses di media sosial resmi Samsat atau badan pendapatan daerah (Bapenda) masing-masing. Pasalnya, lokasi pelayanan Samsat keliling bisa berubah sewaktu-waktu.

Cara cek pajak kendaraan bermotor

Sebelum bayar pajak kendaraan bermotor di Samsat keliling atau gerai Samsat, ada baiknya Anda mengecek besaran pajak kendaraan. Sehingga Anda bisa menyiapkan dana untuk melunasi pajak motor tahunan.  

Cara untuk mengecek pajak kendaraan dapat dilakukan melalui website e-samsat. Berikut langkah-langkahnya:

https://money.kompas.com/read/2022/02/14/133000926/prosedur-dan-syarat-bayar-pajak-motor-tahunan-di-samsat-keliling

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke