Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jokowi: Ke Depan, Problem Dunia Ada Dua, Pangan dan Energi...

Pasalnya, gejolak dunia saat ini mempengaruhi krisis di dua sektor tersebut. Akibat perang Rusia-Ukraina misalnya, harga gas dan minyak dunia meningkat. Konflik ini terjadi saat rantai pasok global masih sangat rentan akibat pandemi Covid-19.

"Tingkatkan produktivitas dan kemandirian di sektor pangan dan energi. Kita harus ingat semuanya, ke depan problem global, problem dunia ada dua, pangan dan energi. Ini yang sangat kritis di dua hal ini," kata Jokowi dalam Pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) 2022 di Jakarta, Kamis (28/4/2022).

Jokowi mengungkapkan, Indonesia bisa meningkatkan kemandirian di dua sektor itu karena Indonesia memiliki sumber daya yang melimpah.

Sebagai negara agraris, Indonesia memiliki lahan yang luas dan bisa dimanfaatkan untuk menanam komoditas tertentu.

"Kita memiliki kekuatan di sini. Oleh sebab itu, sekali lagi tingkatkan produktivitas dan kemandirian di sektor pangan dan energi. lakukan secara fokus dengan skala yang masif, dikawal, dimonitor agar betul-betul berjalan," ucap dia.

Selain di sektor pertanian dan industri, Jokowi juga meminta untuk meningkatkan investasi. Sebab, investasi ini menciptakan lapangan kerja sebanyak-banyaknya.

Apalagi, pembangunan tidak bisa hanya bergantung pada APBN dan APBD. Oleh karena itu, mencari sumber-sumber pembiayaan baru yang kreatif dan inovatif menjadi salah satu kunci.

"Ini rebutan antarnegara. Kalau pelayanan perizinan kita belum cepat, di pusat maupun di daerah, segera sederhanakan dan percepat, layani semua yang berkaitan dengan investasi," tandas Jokowi.

https://money.kompas.com/read/2022/04/28/124054626/jokowi-ke-depan-problem-dunia-ada-dua-pangan-dan-energi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke