Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Perluas Ekosistem, Bank Aladin Jajaki Kerja Sama dengan Platform E-commerce

Sebagai bank digital syariah pertama di Tanah Air, Bank Aladin berencana untuk menjalankan bisnisnya dengan menggunakan strategi penggabungan antara elemen online dan offline atau disebut ominchannel.

Untuk memperkuat elemen online tersebut, Presiden Direktur Bank Aladin Dyota Marsudi mengatakan, pihaknya membuka kesempatan untuk berkolaborasi dengan berbagai platform digital dari berbagai sektor bisnis.

"E-commerce, travel, ride hailing, health care, education, semuanya yang bisa digabungkan dengan financial services, we will explore," ujar dia, dalam inverview khusus bersama Kompas.com, Selasa (12/7/2022).

Lebih lanjut Dyota mengakui, saat ini pihaknya tengah melakukan pembahasan potensi kerja sama dengan sejumlah pihak yang dapat memperkuat elemen online perusahaan.

"Tapi tentu Saya tidak bisa disclose itu," katanya.

Adapun dalam rencana pengembangan ekosistem tersebut, Dyota menekankan, Bank Aladin akan tetap berfokus kepada aspek yang selaras dengan 3 pilar bisnis perusahaan, yakni simpel, mudah diakses, dan mengendepankan nilai syariah.

Fokus maksimalkan potensi elemen offline

Sembari memperkuat elemen online, Bank Aladin juga berencana memaksimalkan potensi elemen offline, yang saat ini telah dilaksanakan melalui kerja sama dengan jaringan minimarket terbesar di Indonesia, Alfamart.

Menurut Dyota, Alfamart memiliki potensi yang sangat besar, mengingat minimarket tersebut memiliki jaringan yang sangat luas serta memiliki karyawan dan pelanggan dengan jumlah besar.

"Ketika punya partner Alfamart yang memiliki ekosistem besar, kenapa kita tidak fokus terlebih dahulu," ujar dia.

Untuk memaksimalkan potensi tersebut, Bank Aladin baru-baru ini juga telah meluncurkan fitur tarik dan setor tunai atau disebut tarsetun bagi nasabah perusahaan di seluruh gerai Alfamart.

Fitur teranyar itu memungkinkan nasabah untuk melakukan penarikan atau penyetoran uang tunai dari dan ke rekening Bank Aladin tanpa menggunakan kartu debit di gerai Alfamart.

"Jadi kalau mau setor tunai bisa di semua Alfamart. Kalau mau tarik tunai juga bisa, kalau enggak mau pakai ATM bank lain," kata Dyota.

Bukan hanya layanan tarik dan setor tunai, emiten dengan kode BANK itu juga berencana memaksimalkan ekosistem Alfamart dalam penyaluran pembiayaan perusahaan.

Dyota menjelaskan, perseroan berencana memulai penyaluran pembiayaan ke segmen usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang telah tergabung dalam ekosistem Alfamart.

Hal itu dilakukan untuk melaksanakan prinsip kehati-hatian dalam penyaluran pembiayaan kepada nasabah.

"Namun akankah kita berhenti di situ? Jawabannya tidak. Alfamart memiliki ekosistem yang besar," ucap dia.

https://money.kompas.com/read/2022/07/13/194000226/perluas-ekosistem-bank-aladin-jajaki-kerja-sama-dengan-platform-e-commerce

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke