Salin Artikel

Sri Mulyani: Peranan Perempuan Sangat Menentukan Kemajuan Negara

Dari sisi perekonomian, perempuan juga memiliki kontribusi besar. Bukan hanya perempuan yang berkarier, melainkan juga perempuan yang memiliki usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

"Kita memahami bahwa peranan perempuan di suatu negara akan semakin sangat menentukan kemajuan negara tersebut," ujar dia dalam pergelaran The First International Conference on Women & Sharia Community Empowerment, Kamis (11/8/2022).

Oleh karenanya, bendahara negara itu mengatakan, pemerintah turut mendukung penguatan kapabilitas UMKM di Indonesia. Ini dilakukan pemerintah melalui berbagai instrumen.

Dari segi fiskal, pemerintah melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) membebaskan pajak penghasilan final pelaku usaha dengan omzet tertentu. Kebijakan ini diharapkan dapat menjadi stimulus bagi pelaku UMKM.

Lebih lanjut wanita yang akrab disapa Ani itu bilang, di kementeriannya, melalui Direktorat Jenderal Bea dan Cukai terdapat pusat pelatihan yang mengedukasi dan mendampingi pelaku UMKM untuk melakukan ekspor. Lalu, di Direktorat Jenderal Pajak, juga terdapat pusat pelatihan yang berfokus mengedukasi pelaku usaha terkait pengelolaan keuangan bisnis.

Kemudian, dari segi belanja negara pemerintah mendorong kementerian/lembaga serta pemerintah daerah untuk melakukan pengadaan dari produk dan jasa pelaku usaha dalam negeri. Kementerian/lembaga serta pemerintah daerah diminta untuk memperhatikan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) dalam pengadaan barang dan jasa yang dilakukan.

"Itu semua berpotensi menggerakkan perekonomian melalui berbagai kegiatan procurement untuk usaha kecil dan menengah," ujar Sri Mulyani.

Dari segi pembiayaan, pemerintah memiliki program Kredit Usaha Rakyat (KUR). Program pemerintah dengan suku bunga yang relatif rendah ini diharapkan dapat meminimalisasi pelaku usaha mendapatkan pembiayaan dari lembaga keuangan nonformal.

Untuk mendukung keberlangsungan usaha yang belum masuk ke dalam sistem perbankan, pelaku UMKM bisa menerima bantuan sosial. Dana disalurkan melalui Badan Layanan Umum (BLU).

"Jadi tidak hanya Kementerian Keuangan dan Kementerian Koperasi dan UMKM saja. Berbagai K/L kami bekali anggaran untuk membantu UMKM," ucap Sri Mulyani.

https://money.kompas.com/read/2022/08/11/143418826/sri-mulyani-peranan-perempuan-sangat-menentukan-kemajuan-negara

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.