Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

14 Tips Membeli Rumah

Oleh: Nika Halida Hashina dan Ikko Anata

KOMPAS.com - Investasi yang cukup menguntungkan saat ini adalah membeli rumah. Hal ini karena inflasi dan kebutuhan atas properti yang membuat harganya semakin menanjak.

Itu sebabnya membeli properti tidak lagi mudah dan perlu berbagai pertimbangan untuk mendapatkan yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan. Tak jarang proses membeli properti bukanlah hal yang mudah karena diperlukan analisis yang matang, tidak cukup dengan memiliki uang saja.

Dikutip dari laman btnproperti.co.id, rata-rata harga rumah rumah komersil termurah di Kabupaten Bogor mulai dari Rp500 juta, di Depok mulai dari Rp400 juta, di Kota Tangerang mulai dari Rp500 juta, dan di Tangerang Selatan mulai dari Rp370 juta.

Hal ini dibahas juga oleh Djumiyati, dalam siniar Cuan, yang bertajuk “Yang Perlu Dipersiapkan untuk Beli Properti”. Djum memberikan saran dan pengetahuannya terutama bagi kita yang ingin bersiap-siap mempersiapkan dana untuk properti.

Djum menyampaikan pendapatnya soal ciri investasi properti. “Kalo yang diriset mungkin pengembang-pengembang yang udah terpercaya dari sekian lama bikin-bikin properti. Kalo di sektor riil gini, pemainnya gak banyak berubah."

Pengembang yang terpercaya biasanya hanya itu-itu saja, sehingga kita bisa mengamati dan melihat track record dalam dunia properti.

Pertimbangan Memilih Pengembang Properti

Track record yang dimiliki pengembang bisa menjadi pembuktian bahwa apakah pengembang tersebut pernah memiliki kasus yang merugikan pihak lain atau tidak.

Selain itu, dari track record kita bisa melihat konsistensi dan kualitas pengembang. Jika terdapat banyak keluhan mengenai kualitas atau mekanismenya, kita dapat mempertimbangkan mereka kembali.

Penting juga untuk mempertimbangkan tujuan properti yang dibeli. Misalnya untuk rumah tinggal atau disewakan sebagai tempat usaha. Untuk rumah tinggal, carilah daerah yang tidak banjir dan terdapat akses jalan besar.

Sementara, untuk disewakan sebagai tempat usaha, pertimbangkan kawasan dan akses yang menjangkau orang banyak.

Berikut beberapa hal yang wajib diperhatikan sebelum memutuskan untuk membeli properti untuk rumah tinggal dikutip dari rumah.com.

Simak lebih lanjut pembahasan mengenai hal ini dalam siniar Cuan episode “Yang Perlu Dipersiapkan untuk Beli Properti” hanya di Spotify.

Dengarkan juga episode lainnya yang membahas mengenai perencanaan dan pengelolaan finansial, asuransi, investasi, juga kebutuhan finansial lainnya hanya di siniar Cuan, Cari Untung Bareng Teman.

https://money.kompas.com/read/2022/08/19/090000326/14-tips-membeli-rumah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke