Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mendag Zulhas Ajak Produsen Sepatu Nike Bangun Pabrik di Lampung

Zulhas merekomendasikan agar wilayah Lampung yang juga merupakan kampung halamannya bisa menjadi opsi pendirian pabrik yang selama ini hanya didirikan di pulau Jawa saja.

"Tadi saya tanya, kok di Jawa semua (pabriknya)? Di Sumatera belum ada. Lampung sampai Medan penduduknya kecil, kalah dengan Jawa Barat," ujar Mendag Zulkifli Hasan dalam pelepasan ekspor sepatu produksi PT Pratama Abadi Industri Selasa (13/9/2022) di Serpong, Tangerang Selatan, Banten.

Mendag Zulhas menilai, Sumatera cocok dipilih lantaran nilai upah minimum regionalnya (UMR) tidak terlalu tinggi.

"Saya kira perlu dipikirkan juga agar Sumatera ada juga satu pabrik dan di Sumatera UMR-nya lebih murah dari Jawa, di bawah Rp 2 juta. Nah yang paling dekat Lampung. Jadi kalau bisa buka di Lampung karena itu kampung saya, saya dukung," ungkap Zulhas.

Bahkan, pria yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) itu bersedia untuk mencari mitra kerja sama jika dibutuhkan.

Dia berharap PT Pratama Abadi Industri mau membangun pabriknya di Sumatera agar bisa menyerap tenaga kerja untuk masyarakat di sana.

"Saya doakan maju terus dan kita dukung PT Pratama Abadi Industri maju berkembang dan kita doakan nanti bisa buka satu (pabrik) di Sumatra di Lampung," ungkap dia.

https://money.kompas.com/read/2022/09/13/145213826/mendag-zulhas-ajak-produsen-sepatu-nike-bangun-pabrik-di-lampung

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke