Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kereta Cepat Bakal Dipamerkan di G20 Showcase, KCIC: Semua Persiapan Berjalan Baik

"Semua persiapan berjalan dengan baik. Kami akan melakukan rangkaian pengujian secara simultan mulai 11 November untuk memantapkan persiapan menuju G20," kata Corporate Secretary PT KCIC Rahadian Ratry dalam keterangannya, Kamis (10/11/2022).

Rahadian mengatakan, saat ini seluruh rangkaian EMU dan CIT sudah selesai dirakit ulang atau re-assembly secara mekanis.

Ia mengatakan, rangkaian kereta EMU dan CIT sudah bisa melaju dan tinggal menjalani rangkaian tes.

"Setelah melalui proses panjang mulai dari pengiriman dari Tiongkok, lalu pengiriman via darat dari Jakarta, seluruh EMU KCJB dan CIT sudah tersambung dan siap menjalani rangkaian pengujian. EMU dan CIT KCJB saat ini sudah singgah di Depo Tegalluar dalam kondisi siap uji," ujarnya.

Rahadian menjelaskan, instalasi sistem kelistrikan untuk stasiun dan depo pun sudah rampung di kawasan Tegalluar.

Dengan demikian, kebutuhan energi untuk uji dinamis KCJB sudah tersedia. “Kebutuhan listrik alhamdulillah sudah ada baik di stasiun, depo, ataupun di lintasan yang digunakan untuk uji dinamis nanti,” tuturnya.

Sementara itu, untuk di lintasan, Rahadian mengatakan, track laying activity dari Depo Tegalluar sampai DK 127+134 telah rampung untuk kedua arah. Lintasan ini nantinya digunakan untuk kebutuhan uji dinamis.

Saat ini, kata Rahadian, pihaknya tinggal melakukan serangkaian pengujian bertahap mulai dari uji statis hingga dinamis untuk mengukur kemampuan fitur yang ada di KCJB.

“Kereta, lintasan, dan berbagai elemen penunjangnya sudah siap. Saat ini fokus kami melakukan berbagai pengujian secara bertahap untuk G20, baik itu pengujian fitur kereta maupun sarana perkeretaapian. Tentu saja kami harapkan semuanya berjalan lancar tanpa kendala,” kata dia.

Lebih lanjut, Rahadian mengatakan, proses uji dinamis KCJB akan disaksikan Presiden RI Joko Widodo dan Presiden China Xi Jinping melalui telekonferensi.

Kemudian, dalam G20 Showcase nanti, Joko Widodo dan Xi Jinping akan melihat kecanggihan rangkaian CIT dan proses uji dinamis berlangsung.

“Karena uji dinamis akan disaksikan secara live melalui telekonferensi, kami juga sedang menyiapkan jaringan agar agenda live streaming uji dinamis KCJB dapat berjalan lancar," ucap dia.

https://money.kompas.com/read/2022/11/10/080800526/kereta-cepat-bakal-dipamerkan-di-g20-showcase-kcic-semua-persiapan-berjalan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke