Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bahlil: Berkat Investasi, Masyarakat Maluku Utara Paling Bahagia

Hal ini dituturkan Bahlil, ketika melakukan Rapat Kerja (Raker) dengan Komisi VI DPR RI, di Jakarta, Rabu (14/12/2022).

"Bahkan dalam survei pimpinan (Komisi VI DPR), masyarakat yang paling bahagia itu di Maluku Utara. Itu karena ada investasi masuk, kemudian di Sulawesi Tengah itu juga pertumbuhan ekonominya di atas pertumbuhan dari nasional," katanya.

Hal tersebut ucap dia, sebagai bukti bahwa investasi merupakan pendorong pertumbuhan ekonomi dan menciptakan lapangan pekerjaan.

"Makanya sekarang pimpinan, ada pertumbuhan ekonomi di Provinsi Maluku Utara itu pertumbuhan ekonominya 29 persen. Melebihi dari pertumbuhan ekonomi di Republik bahkan mungkin di dunia," ucapnya.

Dulu sebut dia, Maluku Utara hanya dikenal dengan pulaunya. Kini dengan adanya investasi,  kawasan industri pun hadir yang mendongkrak pertumbuhan ekonomi di kawasan itu.

"Di Maluku Utara itu pimpinan dulu, mohon maaf, cuma kita tahu pulaunya saja. Banyak orang yang membuat apa ya narasi-narasi yang karena mungkin di daerah, pertumbuhan ekonominya lambat. Sekarang akibat investasi, kawasan industri masuk, hilirisasi terjadi, pertumbuhan ekonominya 29 persen," tutur Bahlil.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, angka pertumbuhan ekonomi Maluku Utara itu menjadi yang tertinggi sedunia lantaran saat ini hampir semua negara mengalami perlambatan ekonomi.

Menurut dia, Maluku Utara dapat mencetak pertumbuhan ekonomi yang meroket pada 2022 karena provinsi tersebut telah melakukan hilirisasi industri yang dapat meningkatkan nilai jual suatu komoditas, dalam hal ini hilirisasi nikel.

"Lompatan itu karena apa? Karena hilirisasi, di situ ada industri smelter yang nanti ini akan tumbuh lagi. Kalau smelter di sana tambah industri yang turunan-turunan dari nikel itu semua bisa dikerjakan di Maluku Utara," ujarnya saat PTBI 2022 di JCC Senayan, Jakarta, Rabu (30/11/2022).

Lonjakan pertumbuhan ekonomi ini, kata dia, terjadi karena pembangunan infrastruktur yang merata hingga ke Luar Pulau Jawa sehingga melahirkan titik-titik pertumbuhan ekonomi baru di luar Pulau Jawa.

https://money.kompas.com/read/2022/12/14/191000526/bahlil--berkat-investasi-masyarakat-maluku-utara-paling-bahagia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke