Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Elon Musk Jual Saham Tesla Sebanyak 3,6 Miliar Dollar AS

JAKARTA, KOMPAS.com - Elon Musk baru menjual 22 juta saham perusahaan pembuat kendaraan listrik Tesla dan mengumpulkan 3,6 miliar dollar AS atau sekitar Rp 55,9 triliun (kurs Rp Rp 15.620).

Dilansir dari CNN, dia diketahui menjual saham Tesla tersebut pada hari Senin, Selasa, dan Rabu pekan ini.

Elon Musk sendiri tidak mengungkapkan alasan penjualan dalam pengajuan tersebut. Sebelum membeli Twitter, dia diketahui jarang menjual saham Tesla.

Biasanya penjualan saham hanya terkait untuk membayar pajak yang harus dibayar. Namun begitu, sejak pertama kali mengumumkan rencana untuk membeli Twitter pada bulan April, Elon Musk telah menjual saham Tesla senilai 22,9 miliar dollar AS.

Penjualan saham Tesla ini membuat khawatir para pemegang saham dan analis Tesla.

“Mimpi buruk Twitter berlanjut saat Musk menggunakan Tesla sebagai mesin ATM miliknya untuk terus mendanai tinta merah di Twitter yang semakin memburuk dari hari ke hari karena semakin banyak pengiklan meninggalkan platform dengan kontroversi yang meningkat didorong oleh Musk,” tulis analis di Wedbush Securities Dan Ives, dikutip Jumat (16/12/2022).

Di sisi lain, nilai saham Tesla terus merosot. Saham Tesla turun 55 persen sepanjang tahun ini.

Turunnya nilai saham Tesla menjadi alasan utama mengapa Elon Musk baru saja kehilangan gelarnya sebagai orang terkaya di dunia.

Menurut Ives, kemungkinan Elon Musk menggunakan dana dari penjualan saham Tesla untuk menutupi kerugian di Twitter.

Kemungkinan lain, dana tersebut digunakan untuk membayar pinjaman atau investor lain yang dia gunakan untuk membantu mendanai pembelian Twitter senilai 44 miliar dollar AS.

"Musk adalah jantung dan paru-paru Tesla, tetapi perhatiannya hanya terfokus pada Twitter, dan menjual saham secara terus menerus bukanlah kombinasi yang baik untuk Tesla," tandas Ives.

https://money.kompas.com/read/2022/12/16/185000026/elon-musk-jual-saham-tesla-sebanyak-3-6-miliar-dollar-as

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke