Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bank BJB Siap Dukung KUB Terintegrasi

Penerapan KUB Terintegrasi ini dalam upaya mendorong percepatan penguatan permodalan Bank Pembangunan Daerah (BPD).

Dengan demikian, bank daerah bisa saling berkonsolidasi dalam bisnis perbankan dan permodalan sebagai upaya penguatan industri perbankan di Indonesia.

"KUB terintegrasi ini tentu ditunggu oleh industri perbankan yg memiliki modal inti Rp 3 triliun, terutama oleh BPD karena jumlahnya cukup banyak. Ada 13 BPD dengan modal inti di bawah Rp 3 triliun," ujar Direktur Utama Bank Bjb, Yuddy Renaldi melalui keterangan tertulis, Rabu (15/2/2023).

Menurut Yuddy, Bank BJB tengah gencar melakukan sinergi melalui KUB dengan beberapa BPD.

Sebagai informasi, bank berkode saham BJBR yang sebagian besar sahamnya dimiliki Pemerintah Daerah Jawa Barat ini, telah menyiapkan dana Rp 350 miliar untuk pembentukan KUB di 2023.

Yuddy berharap nantinya ketentuan teknis yang tengah dirumuskan oleh OJK tersebut mampu mendorong langkah Bank BJB dalam membentuk KUB.

"Harapan kami aturan ini akan dapat mendukung langkah Bank BJB yang saat ini tengah berproses dengan beberapa BPD untuk bergabung dalam KUB," ungkap Yuddy.

Sinergi BPD

Lebih jauh Yuddy mengatakan, yang perlu disiapkan pertama kali dari sisi kedua BPD tentu restu dari pemegang saham. Sedangkan dari sisi Induk KUB diperlukan anggaran yg memadai sebagai setoran modal kepada BPD yang bergabung.

Menurut Yuddy, sinergi ini akan mengalerasi kualitas perbankan daerah dari sisi pertumbuhan kinerja maupun tata kelola perusahaan.

"KUB terintegrasi diyakini dapat mengubah performa industri BPD menjadi lebih baik di masa depan," imbuh Yuddy.

https://money.kompas.com/read/2023/02/15/203141526/bank-bjb-siap-dukung-kub-terintegrasi

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke