Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Dekarbonisasi, Pertamina Dorong Perdagangan Karbon

Maka perdagangan karbon pun menjadi salah satu inisiatif yang dilakukan Pertamina untuk mendukung dekarbonisasi sehingga tercapainya emisi nol karbon.

Komitmen dekarbonisasi ditandai melalui penandatanganan perjanjian kerja sama perdagangan karbon antara Pertamina New & Renewable Energy (Pertamina NRE) dengan Pertamina Patra Niaga dan Pertamina NRE dan Pertamina Geothermal Energy (PGE).

"Ini menjadi suatu milestone yang sangat bersejarah bagi perjalanan Pertamina di tengah transisi energi. Ini suatu pencapaian yang luar biasa terutama dari sisi inisiatif dekarbonisasi," ujar Senior Vice President Strategy and Investment Pertamina Daniel Syahputra Purba dalam keterangannya dikutip Sabtu (15/4/2023).

Adapun dalam perjanjian kerja sama tersebut, Pertamina Patra Niaga akan membeli karbon kredit dari Pertamina NRE dengan volume 1,8 juta ton emisi karbon ekuivalen untuk periode satu tahun. Karbon kredit tersebut akan meng-offset karbon yang dihasilkan Pertamina Patra Niaga dari bisnisnya.

Sumber yang ditunjuk untuk meng-offset karbon adalah pembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTP) Lahendong unit 5 dan 6 berkapasitas 2x220 MW yang dikelola oleh PGE.

PLTP yang berlokasi di Sulawesi Utara tersebut merupakan salah satu proyek Clean Development Mechanism (CDM) PGE yang telah memegang Verified Carbon Standard (VCS) dari Verra sejak tahun 2018.

Chief Executive Officer Pertamina Patra Niaga Alfian Nasution mengatakan, pihaknya memiliki model bisnis B2B (business-to-business) One Solution, yang mana tidak hanya menjual bahan bakar minyak (BBM) kepada konsumen industri, tetapi juga menawarkan solusi untuk mendekarbonisasi emisi dari bisnis mereka.

Maka melalui kerja sama perdagangan karbon dengan Pertamina NRE ini, pihaknya berharap bisa memenuhi kebutuhan internal maupun mitra bisnisnya dalam melakukan dekarbonisasi emisi.

Kredit karbon ini juga berpotensi untuk ditawarkan kepada konsumen industri yang berorientasi ekspor.

"Kerja sama perdagangan karbon ini, selain untuk kebutuhan internal kami, juga akan menjadi peluang untuk bisa kami tawarkan kepada mereka, seperti sektor pertambangan dan ketenagalistrikan,” ucap Chief Executive Officer Pertamina Patra Niaga Alfian Nasution.

https://money.kompas.com/read/2023/04/15/193114126/dekarbonisasi-pertamina-dorong-perdagangan-karbon

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke