Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Lirik Potensi Pendapatan dari Iklan, Elon Musk Rekrut Linda Yaccarino Jadi CEO Twitter

“Saya sangat senang menyambut Linda Yaccarino sebagai CEO Twitter yang baru!” tulis Musk dalam cuitannya.

Musk mengatakan, Linda akan fokus terutama pada operasi bisnis, sementara dirinya akan fokus pada desain produk dan teknologi baru.

“Menantikan bekerja sama dengan Linda untuk mengubah platform ini menjadi X, aplikasi segalanya,” lanjut Musk.

Mengutip CNBC, pengumuman itu muncul sehari setelah Musk mengatakan melalui Twitter bahwa dia akan mundur dari peran tersebut dan akan ada CEO baru dari situs media sosial tersebut.

Musk mengatakan, Linda akan akan memulai pekerjaannya di Twitter sekitar 6 pekan berikutnya.

Linda bergabung dengan NBCUniversal pada tahun 2011 dan telah berada di puncak bisnis periklanan global perusahaan.

Linda diketahui memiliki banyak kolega dengan para chief marketing officer dan eksekutif periklanan lainnya yang diharapkan membawa dampak positif bagi Twitter pada saat platform tersebut.

Musk sendiri telah menyelesaikan akuisisi Twitter senilai 44 miliar dollar AS pada Oktober tahun lalu. Segera setelah itu, dia memberhentikan para petinggi perusahaan termasuk ribuan karyawan Twitter.

Atas hal tersebut, banyak perusahaan menghentikan kontrak kerja sama iklan mereka di platform Twitter. Apalagi, beberapa cuitan Musk yang blak-balakan beberapa kali didokumentasikan oleh beberapa kelompok advokasi.

Dalam upaya menutupi hilangnya pendapatan iklan, Musk membuat layanan berlangganan baru, Twitter Blue, yang menawarkan fitur seperti kemampuan membuat tweet yang lebih panjang.

Yaccarino dan Musk duduk bersama dalam wawancara utama di sebuah konferensi pemasaran di Florida pada pertengahan April lalu.

Selama percakapan, keduanya membahas peran yang dimainkan marketing di masa depan Twitter, serta posisi marketing dalam percakapan secara kultural.

Selama konferensi, Musk mencoba meyakinkan pengiklan bahwa Twitter adalah tempat yang terhormat untuk brand-brand mereka.


Keluarnya Yaccarino dari NBCUniversal terjadi beberapa minggu setelah Jeff Shell digulingkan sebagai CEO perusahaan setelah mengakui hubungannya spesialnya dengan karyawan. Alih-alih mengganti Shell, Linda malah mengajukan pengunduran dirinya ke Mike Cavanagh, presiden perusahaan induk Comcast.

Pada hari Jumat, NBCUniversal mengatakan Yaccarino akan segera keluar dari perusahaan, dan Mark Marshall yang menjabat sebagai presiden penjualan periklanan dan kemitraan klien sementara akan menggantikan posisi Linda.

Di awal pekan ini, para petinggi periklanan dijadwalkan akan hadir dalam acara NBCUniversal di Radio City di New York yang akan memaparkan penjualan perusahaan. Ini merupakan acara tahunan di sektor periklanan yang diadakan setiap bulan Mei.

Marshall bersama denganan ketua NBCUniversal Television and Streaming Mark Lazarus kemungkinan besar akan hadir dalam presentasi NBCUniversal pada hari Senin.

https://money.kompas.com/read/2023/05/15/090000026/lirik-potensi-pendapatan-dari-iklan-elon-musk-rekrut-linda-yaccarino-jadi-ceo

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke