Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Uji Coba Tol Nirsentuh MLFF di Bali Mulai 1 Juni 2023 Batal, Ini Penyebabnya

Direktur Utama Roatex Indonesia Musfihin Dahlan mengatakan, ada beberapa alasan yang membuat pihaknya tidak dapat melaksanakan uji coba MLFF sesuai jadwal yang sudah ditetapkan sebelumnya.

Dia menjelaskan, pihaknya belum mendapatkan penyerahan teknologi dari kontraktor MLFF asal Hungaria yakni Multi Contact Zrt sehingga uji coba di Bali tidak dapat diimplementasikan.

"Semua berharap 1 Juni kita sudah mulai uji coba tapi dengan mohon maaf kepada publik dan semua pemerintah juga, kami selaku Badan Usaha Pelaksana (BUP) belum bisa mencapai atau memenuhi tenggat waktu yang ditetapkan pada 1 Juni karena dua hari lagi adalah sangat tidak memungkinkan pelaksanaan itu," ujarnya saat konferensi pers di kantornya, Jakarta, Selasa (30/5/2023).

Dia bilang, terjadi perbedaan pandangan antara Roatex Indonesia dengan induk perusahaannya di Hungaria terkait sistem MLFF yang akan dikirimkan masih belum dapat menjamin 100 persen kendaraan yang melintas dapat tertangkap sistem.

Adapun teknologi yang dapat dikirimkan saat ini hanya dapat menangkap sekitar 80 persen kendaraan yang melintas sehingga dikhawatirkan 20 persen sisanya dapat merugikan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT).

Selain itu, perbedaan pendapat juga terjadi terkait kontraktor dan induk usaha di Hungaria ingin teknologi MLFF yang diterapkan di Indonesia mengikuti yang sudah mereka terapkan di negaranya.

"Karena memang di dalam proses pengerjaan, pengembangan, atau development daripada sistem ini antara Indonesia sama anggota dari manajemen PT Roatex dengan kontraktor dan anggota manajemen yang berasal dari Hungaria memang berbeda pandangan," ucapnya.

Meskipun, kata dia, sistem MLFF yang diterapkan di Hungaria sudah terbukti berhasil sejak 2013.

"Dia ingin terapkan bulat-bulat (seperti yang sudahditetapkan di Hungaria). Nah kita menginginkan teknologi ini diterapkan di Indonesia dengan kondisi di Indonesia," kata dia.

"Teknologi itu sudah teruji di beberapa negara tapi di setiap negara kan harus ada penyesuaia-penyesuaian. Saya kira itu. Jadi teknologi sistem MLFF ini sudah diterapkan di Hungaria, Rusia, Slovakia, tapi kan dengan kondisi masing-masing negara," tambahnya.

https://money.kompas.com/read/2023/05/30/140500926/uji-coba-tol-nirsentuh-mlff-di-bali-mulai-1-juni-2023-batal-ini-penyebabnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke