Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Cara Menghasilkan Uang di Tokopedia

Bukan lagi hanya sekadar tempat berbelanja online, namu Tokopedia juga bisa menjadi wadah untuk kamu yang ingin mendapatkan tambahan uang mulai dari menjadi dropshipper ataupun mengikuti program affiliate.

Aktivitas tersebut pun bisa kamu lakukan di sela-sela waktumu sehingga pekerjaanmu yang lain tidak terabaikan.

Mengutip dari lamana resmi Tokopedia, Kamis (29/6/2023), berikut adalah 5 cara menghasilkan uang di Tokopedia.

1. Menjadi Dropshipper

Solusi satu ini sangat pas untuk kamu yang baru mau masuk ke dunia bisnis namun belum memiliki modal atau baru mau cek ombak terlebih dahulu.

Pada dasarnya, dropshipping adalah metode bisnis di mana penjual memesankan barang langsung dari pihak ketiga (produsen, grosir, atau pengecer lain) dan mengirimnya ke pelanggan.

Berikut adalah langkah-langkah menjadi dropshipper di Tokopedia:

1. Buat akun di Tokopedia.

2. Tentukan barang yang ingin dijual.

3. Cari dan dapatkan supplier, pastikan kualitas dan harga yang terjamin.

4. Tentukan harga jual.

5. Tentukan tempat untuk memasarkan produk, seperti media sosial.

6. Hubungi supplier untuk mengajak kerja sama dan meminta foto.

7. Pasarkan barang di media sosial.

8. Saat kamu menerima pesanan, pesan barang dari supplier di Tokopedia, bayar lalu centang pilihan untuk mengirim barang sebagai dropshipper. Masukkan nama dan nomor telponmu sebagai pengirim.

2. Main Game di Tokopedia Seru

Meskipun wujud keuntungannya bukan uang, permainan di menu Tokopedia Seru ini bisa membuat kamu menghabiskan lebih sedikit uang saat berbelanja.

Ada beberapa jenis permainan yang bisa kamu lakukan seperti Panen Telur dan Tap Tap Kotak. Kamu juga bisa meminta bantuan teman agar hadiahmu bisa lebih cepat didapatkan. Mulai dari cashback, diskon, hingga GoPay Coins bisa kamu dapatkan.

Masih di menu Tokopedia Seru, ada cara lain untuk dapat untung selain bermain game. Di pilihan Misi Seru, kamu harus menyelesaikan misi untuk mendapatkan hadiah berupa potongan harga atau cashback.


3. Menjual smartphone Bekas dengan Fitur Langsung Laku

Kamu punya smartphone bekas yang sudah tidak tahu mau dipakai untuk apa?

Jika kamu butuh uang cepat, mencari pelanggan untuk HP bekas mungkin sulit. Jangan khawatir, kamu bisa menjualnya dengan fitur Langsung Laku Tokopedia.

Sebelum menjual smartphone kamu akan diminta untuk menjalankan penilaian fungsinya. Maka dari itu, kamu harus punya 1 perangkat lagi yang berfungsi untuk mengambil foto kondisi smartphone yang akan dijual.

4. Mengundang Teman

Tokopedia punya program Undang Untung. Cukup dengan menyebarkan link ke orang-orang terdekatmu, kamu bisa dapat rewards dalam bentuk kupon voucher diskon 100 persen.

Program ini menguntungkan bagi kamu dan orang yang kamu undang. Sebagai pemilik kode referral, kamu berhak mendapatkan rewards hingga Rp 110,000 untuk setiap 1 teman yang melakukan transaksi. Kamu bisa mengulangi langkah ini sampai jumlah rewards yang kamu dapat mencapai 10 juta,

5. Mengikuti Program Tokopedia Affiliate

Cara terakhir ini di daftar ini adalah cara yang paling baru. Kamu bisa mendaftarkan diri di Affiliate Program Tokopedia.

Dengan bergabung dalam program ini, kamu bisa mendapatkan komisi dan bonus-bonus menarik dengan cara mencari pelanggan untuk membeli barang melalui link yang kamu bagikan di media sosial.

Tenang, Tokopedia tidak memintamu untuk punya jumlah followers tertentu, semua bisa ikut!

Selain untung di dompet, kamu juga bisa dapat akses langsung ke Akademi Kreator Tokopedia dan belajar langsung dengan ahli di bidang konten & media sosial.

https://money.kompas.com/read/2023/06/29/130000126/5-cara-menghasilkan-uang-di-tokopedia

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke