Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mau Setop Jual Minyak Goreng, Pengusaha Ritel Sebut Tak Akan Rugi

Hal ini dia ungkapkan sekaligus merespons pernyataan Menteri Perdagangan Zulkifili Hasan yang menyatakan Aprindo akan rugi jika produk minyak goreng tidak dijual di 45.000 gerai milik pengusaha yang tergabung dalam Aprindo.

"Bukan kitanya yang rugi tapi produsennya yang nyetop karena mereka yang rugi. Itu tidak membuat kerugian," ujar Roy saat ditemui di Kementerian Perdagangan, Selasa (5/9/2023).

Lebih lanjut Roy mengatakan, selama ini pihaknya tidak mendapatkan keuntungan yang besar dari penjualan minyak goreng dan bahan-bahan pokok lainnya. Sebab, produk-produk tersebut merupakan produk penjualan yang bersifat traffic puller atau produk yang dijual untuk menarik jumlah pengunjung.

Oleh sebab itu, opsi melakukan penyetopan penjualan minyak goreng di toko ritel masih ada jika Kemendag belum mau membayarkan utangnya ke Aprindo.

"Kita dapat margin migor emang berapa? Semua yang namanya bahan pokok bukan menciptakan yang namanya profit. Itu hanya untuk menciptakan traffic puller biar orang ramai datang. Beli beras, beli gula, beli migor. Enggak signifikan untungnya," jelas Roy.

Adapun sebelumnya, Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan merespons soal rencana Aprindo menghentikan pembelian minyak goreng dari produsen CPO lantaran utang rafaksi belum dibayarkan.

Jika dilakukan, hal tersebut akan membuat 45.000 gerai ritel di seluruh Indonesia tidak akan menjual minyak goreng.

"Ya rugi sendiri, ya busuk minyaknya kalau enggak dijual," ujar Mendag Zulhas singkat saat ditemui usai menghadiri rapat kerja bersama dengan Komisi VI DPR RI, di kawasan Senayan, Senin (4/9/2023).

Namun Mendag Zulhas enggan bicara ihwal kepastian apakah utang tersebut akan dibayarkan atau tidak.

https://money.kompas.com/read/2023/09/05/155407726/mau-setop-jual-minyak-goreng-pengusaha-ritel-sebut-tak-akan-rugi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke