Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Enam Langkah Kecil untuk Tingkatkan Masa Depan Finansial

Mengutip CNN, ada banyak hal kecil yang bisa kamu lakukan secara sukarela untuk memperbaiki masa depan finansial. Kamu memiliki kesempatan yang lebih baik untuk memperbaiki kondisi keuangan kamu jika tiga sasaran kecil bisa dicapai dalam 6-12 bulan.

“Yang paling penting adalah membuatnya tetap sederhana. Bertambah secara bertahap, konsistensi yang dapat diterapkan, dan memahami bahwa tidak ada yang sempurna,” kata Brent Weiss, salah satu pendiri dan kepala kesehatan finansial di Facet, sebuah perusahaan perencanaan keuangan.

“Yang paling banyak kami kerjakan adalah tiga hal. Ini bukan tentang mengubah hidup Anda, tetapi mengubah beberapa hal untuk meningkatkan kesehatan finansial Anda,” tambahnya.

Lebih rincinya, ada beberapa hal kecil yang bisa membantumu untuk meningkatkan masa depan finansial:

1. Pahami kondisi keuangan

Sebelum memutuskan dua atau tiga hal yang harus kamu lakukan, Weiss menyarankan untuk memahami kondisi keuangan kamu saat ini. Seperti, berapa banyak uang yang kamu hasilkan setiap bulan? Berapa banyak yang kamu bayarkan? berapa banyak uang yang kamu hemat saat ini, dan berapa banyak yang kamu belanjakan.

Lalu, kamu juga harus bisa menakar, seberapa besar nilai aset yang kamu miliki saat ini?, dan apa kewajiban kamu. Setelah kamu selesai melakukannya, lihat lebih dalam pola pengeluaran uang kamu selama ini.

“Jadi, misalnya, membayar sewa atau hipotek adalah kebutuhan yang pasti. Membeli bunga untuk diri sendiri sebulan sekali adalah sebuah keinginan,” jelas dia.

Rose mengungkapkan, membuat gambaran kondisi keuangan bukanlah untuk merampas keinginan kamu. Hal itu penting dilakukan untuk mendapatkan gambaran yang lebih jelas tentang uang apa yang tersedia, untuk kamu gunakan kembali.

2. Lakukan perubahan meskipun kecil

Jika menambah tabungan akan membuat kamu merasa lebih tenang dan bahagia, mulailah dari yang kecil jika uangnya terbatas. Bahkan peningkatan satu atau dua poin persentase per tahun dapat membuat perbedaan nyata dari waktu ke waktu.

Misalnya, kamu menambah tabungan untuk masa pensiun, biaya kuliah, keadaan darurat, atau bahkan untuk rencana liburan. Namun pastikan menabung tidak mengurangi pendapatan yang ada untuk kebutuhan hidup kamu.

3. Bayar utang berbunga tinggi

Suku bunga kartu kredit mencapai rekor tertinggi tahun ini. Tentunya, kamu melakukan pembayaran yang lebih tinggi pada cicilan kamu. Membayar utang dengan memprioritaskan bunga tertinggi, bisa membantu kondisi finansialmu. Salah satu pilihan untuk melunasi hutang adalah dengan meminimalkan biaya bunga.

4. Berhati-hati dengan kenaikan harga

Asumsikan suku bunga akan tetap setinggi sekarang atau bahkan lebih tinggi lagi karena Federal Reserve terus menaikkan suku bunga acuannya dalam upaya berkelanjutan untuk menekan inflasi. Jika selama ini kamu mengandalkan kartu kredit sebagai dana berjaga-jaga, Rose memperingatkan bahwa itu bukan cara yang tepat.

“Ini bukan tahun yang tepat untuk melakukan hal itu. Lebih baik mulai menyisihkan uang sekarang untuk membantu menutupi pengeluaran jangka pendekmu jika kamu kehilangan pekerjaan atau mengalami keadaan darurat yang mahal,” jelas dia.

5. Miliki asuransi

Hal yang tidak kalah penting adalah memiliki asuransi untuk melindungi kamu dari pengeluaran yang tidak terduga. Jika kamu memiliki anak kecil dan ingin memastikan mereka aman secara finansial jika kamu meninggal, kamu dapat mempertimbangkan untuk menambah polis asuransi jiwa.

6. Lakukan diversifikasi portofolio investasi

Untuk memastikan dana kamu bisa bekerja secara maksimal, lakukanlah diversifikasi pada investasi kamu. Hal ini untuk mengantisipasi kondisi pasar yang tidak bisa ditebak. Misalnya, melakukan diversifikasi pada saham dan obligasi, atau lebih kepada sektornya.

“Jika kamu melakukan diversifikasi portofolio, dengan harapan bahwa ketika satu instrumen berkinerja buruk, instrumen lain akan bekerja lebih baik,” tegas dia.

https://money.kompas.com/read/2023/09/06/113400226/enam-langkah-kecil-untuk-tingkatkan-masa-depan-finansial

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke